Show simple item record

dc.contributor.authorAssakinah, Vina
dc.date.accessioned2023-09-05T03:45:27Z
dc.date.available2023-09-05T03:45:27Z
dc.date.issued2023-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7993
dc.description.abstractDalam pembelajaran matematika, siswa dalam belajar matematika dapat dilihat dari tiga aspek, sebagai berikut. pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Pemahaman konsep matematis siswa menjadi hal yang utama dalam pembelajaran matematika, itu berarti pemahaman konsep matematis siswa merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematis siswa di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Lumajang ini masih rendah dilihat dari hasil tes awal yang diberikan menunjukkan hanya ada 17 siswa yang mampu menyelesaikan soal tes awal dan mencapai nilai di atas kriteria keberhasilan yakni 75. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 47% siswa yang mampu memahami konsep. Rendahnya siswa dalam memahami konsep ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak menjadi suatu permasalahan yang berarti bagi siswa karena pemahaman konsep adalah hal utama yang harus dimiliki oleh siswa. Adapun salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya siswa dalam memahami konsep yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang cocok dengan siswa, untuk itu pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis. Materi yang dipilih peneliti adalah materi turunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah utama, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif untuk hasil observasi dan analisis data kuantitatif untuk hasil angket dan hasil tes. Beirdasarkan hasil peineilitian dari seirangkaian keigiatan peimbeilajaran yang meincakuip eimpat tahap yaitui: peireincanaan, peilaksanaan, obseirvasi dan reifleiksi dapat disimpuilkan bahwa peineirapan modeil peimbeilajaran Quiantuim Leiarning dapat meiningkatkan peimahaman konseip pada mateiri tuiruinan di keilas XI MIPA 1 SMA Neigeiri 3 Luimajang, deingan langkah langkah peimbeilajaran TANDUR. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pembanding untuk guru yang memiliki permasalahan yang sama di kelas. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Quantum Learning, Turunanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectQuantum Learningen_US
dc.subjectTurunanen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Turunan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record