View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Turunan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023

Thumbnail
View/Open
Publish (2.317Mb)
Fulltext (20.13Mb)
Date
2023-07-27
Author
Assakinah, Vina
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, siswa dalam belajar matematika dapat dilihat dari tiga aspek, sebagai berikut. pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Pemahaman konsep matematis siswa menjadi hal yang utama dalam pembelajaran matematika, itu berarti pemahaman konsep matematis siswa merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematis siswa di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Lumajang ini masih rendah dilihat dari hasil tes awal yang diberikan menunjukkan hanya ada 17 siswa yang mampu menyelesaikan soal tes awal dan mencapai nilai di atas kriteria keberhasilan yakni 75. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 47% siswa yang mampu memahami konsep. Rendahnya siswa dalam memahami konsep ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak menjadi suatu permasalahan yang berarti bagi siswa karena pemahaman konsep adalah hal utama yang harus dimiliki oleh siswa. Adapun salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya siswa dalam memahami konsep yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang cocok dengan siswa, untuk itu pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis. Materi yang dipilih peneliti adalah materi turunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat langkah utama, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif untuk hasil observasi dan analisis data kuantitatif untuk hasil angket dan hasil tes. Beirdasarkan hasil peineilitian dari seirangkaian keigiatan peimbeilajaran yang meincakuip eimpat tahap yaitui: peireincanaan, peilaksanaan, obseirvasi dan reifleiksi dapat disimpuilkan bahwa peineirapan modeil peimbeilajaran Quiantuim Leiarning dapat meiningkatkan peimahaman konseip pada mateiri tuiruinan di keilas XI MIPA 1 SMA Neigeiri 3 Luimajang, deingan langkah langkah peimbeilajaran TANDUR. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pembanding untuk guru yang memiliki permasalahan yang sama di kelas. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Quantum Learning, Turunan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7993
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group