Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Firing Line Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Darut Taqwa

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Merita, Natalia Dwi
dc.date.accessioned 2020-12-11T03:16:54Z
dc.date.available 2020-12-11T03:16:54Z
dc.date.issued 2020-08-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/811
dc.description.abstract Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, salah satunya adalah pelajaran matematika. Matematika bukanlah sekedar pelajaran berhitung, tetapi merupakan ilmu dasar yang mempunyai hubungan dengan banyak disiplin ilmu lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah, guru harus memperhatikan kemampuan matematis peserta didik. Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik diperlukan strategi pembelajaran yang tepat agar menjadikan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat peserta didik tidak bosan dengan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk pemahaman konsep matematis dan minat belajar adalah strategi pembelajaran Firing Line. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi Firing Line dengan peserta didik dalam memakai model pembelajaran konvensional pada materi himpunan, (2) Untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik antara peserta didik yang memakai strategi Firing Line dengan peserta didik dalam memakai model pembelajaran konvensional pada materi himpunan., (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis dan minat belajar peserta didik melalui strategi Firing Line pada materi himpunan dan (4) Untuk mendeskripsikan hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif yang menggunakan pemahaman konsep matematis dan minat belajar peserta didik melalui strategi Firing Line pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan jenis penelitian sequential explanatory, yaitu metode penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Penelitian ini menggunakan quasy experimental, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan strategi Firing line dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Data kuantitatif diperoleh melalui soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji normalitas, sedangkan pengumpulan data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan lapangan untuk mendukung data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis dua pihak menggunakan software SPSS 20 melalui uji Independent Sample t Test masing-masing posttest pemahaman konsep matematis diperoleh nilai 𝑠𝑖𝑔 (2 𝑡𝑎𝑖𝑙𝑒𝑑) = 0,606 < 0,05 dan 𝑠𝑖𝑔 (2 𝑡𝑎𝑖𝑙𝑒𝑑) = 0,278 < 0,05 sehingga H0 diterima, berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara didapatkan hasil analisis data wawancara peserta didik kelas eksperimen memenuhi indikator pemahaman konsep matematis dan minat belajar. Hasil penelitian berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif adalah sebagai berikut. (1) pemahaman konsep matematis yang menggunakan strategi firing line lebih baik dari pemahaman konsep yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) minat belajar yang menggunakan strategi firing line lebih minat belajar yang menggunakan konvensional. (3) Pada analisis data kualitatif diperoleh gambaran mengenai pemahaman konsep dan minat belajar matematis peserta didik memakai strategi pembelajaran firing line yaitu peserta didik di kelas eksperimen dapat menyatakan ulang konsep himpunan dengan benar, serta bisa menerapkan konsep secara algoritma dalam pemecahan masalah dengan benar atau runtut, dapat merepresentasikan situasi dalam bentuk gambar atau model matematika dengan tepat, dan peserta didik bisa mengaitkan peristiwa sehari-hari dalam matematika dengan benar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pemahaman Konsep Matematis en_US
dc.subject Strategi Firing Line en_US
dc.title Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Firing Line Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Darut Taqwa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account