Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMPN 1 Mojagung

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Mufidah, Wayan Indi Haidar
dc.date.accessioned 2020-12-11T03:19:59Z
dc.date.available 2020-12-11T03:19:59Z
dc.date.issued 2020-11-24
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/816
dc.description.abstract Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat dibutuhkan oleh peserta didik karena pada dasarnya peserta didik dituntut untuk berusaha sendiri dalam menemukan penyelesaian dari suatu masalah supaya peserta didik dapat mengembangkan cara berpikirnya, salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah motivasi dan kemampuan diri. Sedangkan motivasi dan kemampuan diri adalah faktor yang berada pada dalam diri peserta didik sehingga hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh karakteristik yang dimiliki peserta didik. Karakteristik peserta didik tersebut dapat disebut juga sebagai kepribadian peserta didik. Keirsey membagi tipe kepribadian menjadi 4, yaitu guardian, artisan, rational, dan Idealist. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, idealist; 2) Mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist materi pola bilangan kelas VIII SMPN 1 Mojoagung. Jenis penelitian ini berjenis kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumennya adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Soal tes dan kuisoner diberikan kepada 32 peserta didik SMPN 1 Mojoagung kelas VIII-I. Kemudian dipilih subjek 8 peserta didik yaitu 2 subjek dari masing-masing tipe kepribadian yang memiliki pola jawaban khas/unik. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa cara-cara peserta didik dalam menyelesaikan soal bentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealis adalah sebagai berikut: 1) Tipe kepribadian guardian dapat memenuhi semua langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah matematis. Tipe kepribadian guardian menyajikan jawaban secara sistematis, dalam menguraikan jawabannya cenderung berbentuk deskripsi, tipe kepribadian guardian juga memiliki ingatan yang kuat, hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan rumus saat menjawabnya; 2) Tipe kepribadian artisan hanya dapat memenuhi langkahlangkah kemampuan pemecahan masalah pada langkah memahami masalah saja. Tipe kepribadian Artisan menyajikan jawaban secara tidak runtut, cenderung salah, terburuburu saat mengerjakan, dan juga tidak sesuai prosedur yang telah ditetapkan peneliti yang rata-rata tidak memenuhi beberapa langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) Tipe kepribadian rational dapat menemuhi semua langkah-langkah vii kemampuan pemecahan masalah matematis kecuali pada langkah-langkah yang terakhir yaitu mengecek kembali. Tipe kepribadian rational menyajikan jawaban secara implisit, menggunkan model matematika dan juga menjawab dengan menggunakan logika; 4) Tipe kepribadian idealist dapat menemuhi semua langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah matematis kecuali pada langkah-langkah yang terakhir yaitu mengecek kembali. Tipe kepribadian idealist menyajikan jawaban secara sistematis dan banyak menggunakan model matematika yang berfariasi baik dalam memahami masalah ataupun merencanakan rencana. Sedangkan pada hasil tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh : 1) Tipe kepribadian guardian berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 70,76; 2) Tipe kepribadian artisan berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 56,60; 3)Tipe kepribadian rational berada pada kategori tinggi dengan nilai ratarata 81,75; 4) Tipe kepribadian idealist berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 72,33. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Tipe Kepribadian (Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist) en_US
dc.title Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMPN 1 Mojagung en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account