dc.description.abstract | Pendidikan diselenggarakan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill
peserta didik. Dalam pembelajaran matematika, terdapat beberapa hard skill dan soft
skill yang harus dicapai peserta didik. Salah satunya adalah kemampuan pemecahan
masalah matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang mempunyai peranan penting
dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan tersebut belum tercapai secara
maksimal khususnya di MTsN 3 Pamekasan berdasarkan hasil tes. Salah satu
kesulitan yang dialami peserta didik adalah ketika menyelesaikan masalah
matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal
pada materi aritmatika sosial peserta didik kelas VII MTsN 3 Pamekasan. Penelitian
ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui
purposive sampling dan didasarkan pada peserta didik domisili Kecamatan
Pademawu. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VII.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji krediabilitas yang
digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduction, display, dan
conclusion drawing/verification.
Berdasarkan hasil peneltian, diketahui bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis pada materi aritmatika sosial adalah sebagai berikut: 1) Subjek
LS memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik
yaitu indikator memahami masalah dan melaksanakan rencana, 2 indikator dengan
cukup baik yaitu pada indikator melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. 2)
Subjek BI memenuhi 1 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan
baik yaitu indikator memahami masalah, 2 indikator dengan cukup baik yaitu
merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana, dan 1 indikator kurang baik. | en_US |