View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTsN 3 Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020

Thumbnail
View/Open
S1_FKIP_21601072077_ ISFINA ADIYAH.pdf (1.991Mb)
Date
2020-08-15
Author
Adiyah, Isfina
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan diselenggarakan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill peserta didik. Dalam pembelajaran matematika, terdapat beberapa hard skill dan soft skill yang harus dicapai peserta didik. Salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan tersebut belum tercapai secara maksimal khususnya di MTsN 3 Pamekasan berdasarkan hasil tes. Salah satu kesulitan yang dialami peserta didik adalah ketika menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial peserta didik kelas VII MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan didasarkan pada peserta didik domisili Kecamatan Pademawu. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji krediabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduction, display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil peneltian, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi aritmatika sosial adalah sebagai berikut: 1) Subjek LS memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik yaitu indikator memahami masalah dan melaksanakan rencana, 2 indikator dengan cukup baik yaitu pada indikator melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. 2) Subjek BI memenuhi 1 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik yaitu indikator memahami masalah, 2 indikator dengan cukup baik yaitu merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana, dan 1 indikator kurang baik.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/818
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group