View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hujjatul Islam Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali

Thumbnail
View/Open
Publish (1.981Mb)
Fulltext (2.597Mb)
Date
2023-07-14
Author
Ishlahuddin, Ahmad
Metadata
Show full item record
Abstract
Tidak tercapainya capaian pembelajaran dan standart kompetensi lulusan menimbulkan masalah self harm dikalangan peserta didik menengah. Kita sebagai pendidik muslim perlu ingat bahwa kita memiliki imam besar Al-Ghazali yang pemikirannya sangat mendalam dan dari belia perlu ditemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka dari itu peneliti akan mencari solusi dari memahami pemikiran pendidikan Islam Al-Ghazali serta cara untuk mengimplemetasikannya di sistem pendidikan Indonesia, hal tersebut dilakukan demi mengawal tercapainya tujuan pendidikan Nasional. Peneliti melakukan kajian terhadap pemikiran pendidikan Islam Imam Al-Ghazali guna menemukan beberapa rumusan pemikiran beliau terhadap pendidikan. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka karena metode tersebut tepat jika digunakan dalam mengkaji pemikiran Imam Al-Ghazali yang mana pemikiran beliau hanya dapat ditemukan dalam karya Al-Ghazali, spesifikasi metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi pemikiran tokoh yang menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian yang telah dilakukan ada beberapa kesimpulan terhadap pemikiran pendidikan Islam Imam Al-Ghazali mengenai dasar pembuatan kurikulum tentang klasifikasi ilmu, rumusan kewajiban guru yang telah selaras terhadap standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru di Indonesia yang telah diatur oleh undang-undang, akan tetapi rumusan kewajiban murid belum diatur secara terperinci di dalam undang-undang karena di dalam aturan pemerintah hanya mewajibkan murid untuk tidak melanggar norma-norma yang berlaku. Melihat fakta tersebut peneliti memberikan saran terhadap pemerintah untuk membuat aturan khusus yang terperinci mengenai kewajiban murid di Indonesia dan jika pemerintah belum dapat membuat aturan tersebut sekokolah dapat mengembangkan kurikulum yang sudah ada dengan nilai-nilai tentang kewajiban murid yang diberikan sekolah secara mandiri tanpa adanya intruksi dari pemerintah. Saran tersebut peneliti berikan karena dengan sinergi bersama anatara kurikulum, guru, dan murid akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap hasil pendidikan di negara Republik Indonesia. Kata Kunci: Pemikiran Pendidikan Islam, Al-Ghazali, Pendidikan Islam
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8309
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group