View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Aplikasi Si-Izol dalam Peningkatan Pelayanan Perizinan (Studi Kasus pada Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.898Mb)
Fulltext (6.172Mb)
Date
2023-07-03
Author
Virgasih, Unguria
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas aplikasi Si-Izol dalam peningkatan pelayanan perizinan di DisnakerPMPTSP Kota Malang, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pada peningkatan pelayanan perizinan di DisnakerPMPTSP Kota Malang. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekaan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Peneliti memilih jenis kualitatif dengan metode deskriptif bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata apa yang terjadi di lapangan secara menyeluruh, kemudian mengungkapkan secara deskriptif tentang peningkatan pelayanan perizinan di Kantor DisnakerPMPTSP Kota Malang. Pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan 4 komponen yaitu antara lain : pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pemeriksaan peneliti menggunakan teknik keabsahan data. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas yang dikemukakan oleh Budiani (2007:53) dalam (Khadafi dan Mutiarin, 2017). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas pelayanan perizinan secara umum sudah berjalan dengan baik yakni ketetapan sasaran program, sosialisasi program, pencapaian tujuan program, pemantauan program. Namun, masih terdapat beberapa indikator yang pelaksanaannya belum maksimal seperti sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. Dikarenakan masih ada dari masyarakat yang belum mengetahui terkait dengan aplikasi tersebut. (2) Faktor pendukungnya yaitu memanfaatkan SDM dan fasilitas yang ada serta pola manajemen. Faktor pengambat yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan antara lain : kurangnya pemahaman teknologi, belum adanya pengembagan software. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8460
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group