Show simple item record

dc.contributor.authorSetiyowati, Ayu
dc.date.accessioned2023-10-21T01:50:41Z
dc.date.available2023-10-21T01:50:41Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8462
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan atas dasar adanya inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (SIPEDULI) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang dimana dalam pelaksanaannya terdapat berbagai permasalahan seperti server eror, SDM masyarakat rendah, serta pelayanan yang lama dan ribet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana inovasi SIPEDULI sebagai penyedia pelayanan administrasi kependudukan secara online di Kabupaten Malang beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya dan juga strategi dalam mengatasi hambatannya. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers yang meliputi relative advantages, compability, complexity, triability, dan observability. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada Miles, Huberman dan Saldana (2014:14) yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan Drawing and Verifying Conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan atribut inovasi menurut Rogers, inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan online berbasis website oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari adanya keuntungan yang dirasakan masyarakat berupa kemudahan dalam mengajukan dokumen kependudukan serta lebih efektif dan efisien serta sesuainya inovasi tersebut dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang. Faktor pendukung meliputi tercukupinya anggaran, sumber daya pegawai yang memadai, sarana dan prasarana yang tercukupi, serta antusias masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu jaringan dan sistem eror, serta sumber daya masyarakat yang kurang. Strategi dalam mengatasi hambatan yaitu dengan kerjasama dengan dinas kominfo dan sosialisasi. Saran peneliti yaitu Dispendukcapil Kabupaten Malang agar menjalin kerjasama dengan pihak telkomsel dan developer aplikasi yang profesional untuk mengembangkan versi aplikasi SIPEDULI yang lebih canggih serta memaksimalkan dan memperluas sosialisasi yang diberikan. Kata Kunci: Inovasi, Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Onlineen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectInovasien_US
dc.subjectSistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Onlineen_US
dc.titleInovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Sipeduli) Berbasis Website Sebagai Bentuk Pelayanan Prima pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record