View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Sipeduli) Berbasis Website Sebagai Bentuk Pelayanan Prima pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.215Mb)
Fulltext (7.422Mb)
Date
2023-07-05
Author
Setiyowati, Ayu
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (SIPEDULI) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang dimana dalam pelaksanaannya terdapat berbagai permasalahan seperti server eror, SDM masyarakat rendah, serta pelayanan yang lama dan ribet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana inovasi SIPEDULI sebagai penyedia pelayanan administrasi kependudukan secara online di Kabupaten Malang beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya dan juga strategi dalam mengatasi hambatannya. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers yang meliputi relative advantages, compability, complexity, triability, dan observability. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada Miles, Huberman dan Saldana (2014:14) yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan Drawing and Verifying Conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan atribut inovasi menurut Rogers, inovasi sistem pelayanan administrasi kependudukan online berbasis website oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari adanya keuntungan yang dirasakan masyarakat berupa kemudahan dalam mengajukan dokumen kependudukan serta lebih efektif dan efisien serta sesuainya inovasi tersebut dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang. Faktor pendukung meliputi tercukupinya anggaran, sumber daya pegawai yang memadai, sarana dan prasarana yang tercukupi, serta antusias masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu jaringan dan sistem eror, serta sumber daya masyarakat yang kurang. Strategi dalam mengatasi hambatan yaitu dengan kerjasama dengan dinas kominfo dan sosialisasi. Saran peneliti yaitu Dispendukcapil Kabupaten Malang agar menjalin kerjasama dengan pihak telkomsel dan developer aplikasi yang profesional untuk mengembangkan versi aplikasi SIPEDULI yang lebih canggih serta memaksimalkan dan memperluas sosialisasi yang diberikan. Kata Kunci: Inovasi, Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8462
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group