Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Produk Batu Chocolate (Studi Kasus UMKM Mandiri Sukses Kota Batu)
Abstract
Usaha Mandiri Sukses merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di Jl. Daib No.56, RT 07 RW 07, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang memproduksi berbagai olahan camilan (snack) oleh-oleh dari buah apel seperti cokelat apel, cokelat dodol apel, brownies apel, apel krispi, hingga teng-teng malangan. Sebagai perusahaan penghasil produk, tentunya perusahaan harus memiliki bauran pemasaran yang baik pula agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi. Saat ini produk olahan cokelat dinilai cukup diminati oleh masyarakat, bukan hanya dari kalangan remaja saja tetapi juga oleh semua kalangan usia, karena selain memiliki rasa yang enak cokelat juga memiliki nilai gizi yang baik. Sehingga usaha ini terbilang sangat prospektif untuk dijalankan. Akan tetapi masih kurangnya perhatian terhadap kepuasan pelanggan atau ketidakpuasan pelanggan semakin besar. Persaingan yang semakin ketat khususnya untuk bisnis pemasaran, dimana banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dan diyakini sebagai kunci utama untuk memenangkan persaingan. Melihat permasalahan yang ada di UKMK maka diperlukan adanya strategi pemasaran untuk mengembangkan UMKM tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran, dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen produk batu chocolate di UMKM Mandiri Sukses.
Penelitian ini dilakukan di UMKM Mandiri Sukses, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Tempat penelitian dipilih secara sengaja atau (puposive) karena UMKM ini sudah memiliki pemasaran yang cukup luas bahkan keseluruh Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah para konsumen batu cokelat yang berada di Kota Batu yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling berdasarkan kebetulan siapa aja yang membeli. Teknik tersebut dipilih karena dalam penelitian ini jumlah pembeli batu coklat tidak diketahui. Dimana menurut Maholtra (2006) pemakaian rumus Maholtra dapat sesuai karena besarnya jumlah sampel yang diambil dapat ditentukan dengan cara mengalikan 5 dengan jumlah variabel/indikator, maka sampelnya adalah 5 x 20 = 100 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dengan menggambarkan skort likert. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengukur kontribusi masing-masing variabel dan mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen pada produk batu cokelat di UMKM Mandiri Sukses.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa persepsi konsumen di UMKM Mandiri Sukses adalah konsumen setuju apabila kualitas produk terjamin, kemasan yang menarik, rasa yang enak, gurih, dan daya tahan produk bertahan lama dengan nilai rata-rata sebesar 4,10, dan konsumen juga setuju apabila pelayanan yang ramah dan sopan, dan pelayanan yang cepat terhadap komplain pelanggan dengan nilai rata-rata sebesar 4,01. Konsumen juga setuju bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik menjadi pertimbangan konsumen dalam kepuasan konsumen di UMKM Mandiri Sukses.
Hasil uji simultan analisis linear berganda di dapatkan nilai Fhitung yang didapatkan sebesar 20.008 dengan tingkat signifikansi 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi kurang dari 0.05 (0.000 < 0.05) sehingga Ha diterima. Artinya bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Batu Chocolate.
Hasil uji parsial analisis regresi linear berganda variabel produk (X1) berpengaruh signifikan dimana kualitas, kemasan, rasa, dan daya tahan produk dapat menentukan kepuasan konsumen di UMKM Mandiri Sekses. Variabel bukti fisik (X7) berpengaruh signifikan dimana ketersediaan dan kebersihan produk, lingkungan dalam maupun lingkungan luar UMKM Mandiri Sukses menarik dan nyaman, fasilitas lengkap dapat menentukan kepuasan konsumen di UMKM Mandiri Sukses.
Saran pada penelitian ini dalam mengembangkan UMKM Mandiri Sukses diharapkan tetap memanfaatkan bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Perusahaan UMKM Mandiri Sukses diharapkan tetap memprioritaskan dan memperhatikan variabel (Produk) diantaranya yaitu kualitas produk, kemasan produk, rasa dan daya tahan produk agar tetap terjaga dan juga menciptakan inovasi baru sehingga mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen, karena banyaknya pesaing baru, serta dapat mempertahankan variabel (Bukti Fisik) dimana agar ketersediaan dan kebersihan produk tetap terjaga, dan fasilitas yang diberikan lengkap dan nyaman. Oleh karena itu perusahaan diharuskan untuk tetap mempertahankan kondisi tersebut agar dapat meningkatkan biaya pemasaran guna lebih meningkatkan penjualan. Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Produk Batu Chocolate