Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kain Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran komunikasi pemasaran pada POKDARWIS Kain Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang dilakukan langsung oleh peneliti dan dikumpulkan langsung dari sumber, dan data sekunder yaitu literatur, artikel, jurnal, serta studi internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah POKDARWIS Kain Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul menerapkan bauran komunikasi pemasaran berupa pemasangan iklan tidak berbayar melalui Facebook, Instagram, Tiktok, peta wisata Kota Kediri dan Endorse. Promosi penjualan yang dilakukan adalah memberikan potongan harga ketika acara tertentu dan reseller prouk tenun ikat. Hubungan Masyarakat dan publisitas yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan untuk masyarakat sekitar guna meningkatkan skill sebagai pengrajin kain tenun ikat. Pemasaran langsung berupa customer database dan live TikTok. Penjualan pribadi dilakukan ketika acara pameran dengan menyebar brosur dan menjual dengan bertatap muka kepada calon pembeli. Selain lima model bauran komunikasi pemasaran tersebut POKDARWIS juga melakukan pemasaran melalui broker untuk mengirimkan produk sarung tenun ikat ke luar negeri seperti Sudan, Kenya, Jepang, Belanda, dan Jerman.
Kata Kunci: Strategi, Bauran Komunikasi Pemasaran, POKDARWIS