Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Instagram (studi pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Pengguna Produk Wardah)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui dan menganalisis apakah variabel advertising dan sales promotion berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk Wardah di Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswi S1 Universitas Islam Malang angkatan 2019 pengguna produk Wardah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Advertising (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) produk Wardah pada Mahasiswi Universitas Islam Malang. Variabel Sales promotion (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada Mahasiswi Universitas Islam Malang. Hasil uji f menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel independen (advertising dan sales promotion) secara simultan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,619, yang berarti seluruh variabel bebas yaitu advertising (X1) dan sales promotion (X2) memiliki kontribusi secara bersama sebesar 61,9% terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisa nilai sebesar 38,1% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Advertising, Sales Promotion, Keputusan Pembelian