Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pamanjur Coffe Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang)
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas andalan dalam sektor perkebunan Indonesia. Peran komoditas kopi bagi perekonomian Indonesia cukup penting, baik sebagai sumber pendapatan bagi petani kopi, sumber devisa, penghasil bahan baku industri, maupun penyedia lapangan kerja melalui kegiatan pengolahan, pemasaran, dan perdagangan (ekspor dan impor).
Bagi beberapa kalangan, minum kopi sebatas teman bergadang, teman menyelesaikantugas kantor, tugas kuliah dan untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi tidak pada mahasiswa, atau sekelompok tertentu, minum kopi telah menjadi gaya hidup bagi mereka. Bagi sebagian orang telah mengangap minum kopi adalah kisah tersendiri..
Penelitian ini bertujuan untuk 1.Untuk mengetahui persepsi responden di Pamanjur Caffee. 2.Untuk menganalisis pengaruh ( Product ,Price, Place and Promotion ) 4P bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen di Pamanjur Caffee desa Bocek kecamatan Karangploso kabupaten Malang Penelitian ini dilakukan di Pamanjur Coffe Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Metode pengambilan responden menggunakan metode purposive sampling, karena teknik untuk menentukan sampel peneliti dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representative terhadap masalah yang di teliti. Objek penelitian ini adalah pengunjung di Pmanjur Coffe yang terdiri dari 50 responden. Metode analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, skala likert dan regresi berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis yang telah diuraikan sebelumnya diketahui beberapa hal berikut:
1. Pengaruh variabel produk terhadap kepuasan pembelian Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel produk (X1) menunjukkan bahwa variabel produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian pada Pamanjur Caffee hal ini menunjukkan bahwa produk-produk yang ditawarkan oleh Pamanjur Caffee telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, memiliki kualitas produk yang baik dan asli bukan produk abal-abal. Kemudian juga, tersedianya berbagai macam minuman dan makanan yang diinginkan konsumen secara lengkap sehingga konsumen memiliki banyak pilihan jenis minuman dan makanan sesuai dengan yang dinginkannya serta adanya layanan pendukung produk berupa layanan yang ditawarkannya oleh Pamanjur Caffee sebagai nilai tambah terhadap kepuasan konsumennya.
2. Pengaruh variabel harga terhadap kepuasan pembelian berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel harga (X2) menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pembelian pada Pamanjur Caffee. Diketahui bahwa harga adalah unsur yang berpengaruh langsung terhadap pendapatan caffe, tetapi dalam penetapan harga produk pada Pamanjur Caffee tidak dapat dilakukan secara langsung oleh Pamanjur Caffee
3. Pengaruh variabel promosi terhadap kepuasan pembelian Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel promosi (X3) menunjukkan bahwa variabel promosi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian pada Pamanjur Caffee serta merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa seluruh kegiatan promosi yang dilakukan oleh Pamanjur Caffee berhasil mempengaruhi dan menarik perhatian konsumen untukmelakukan pembelian produk di Pamanjur Caffee, kegiatan promosi dilakukan baik melalui media massa seperti brosur, baliho, iklan di koran maupun promosi melalui media sosial, khususnya pada akun media sosial Instagram Pamanjur Caffee.
4. pengaruh variabel lokasi terhadap kepuasan pembelian berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel lokasi (X4) menunjukkan bahwa variabel lokasi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian pada Pamanjur Caffee hal ini menunjukkan bahwa lokasi Pamanjur Caffee sangat strategis, apalagi dengan adanya beberapa cabang baru yang berada di lokasi yang strategis di Kabupaten Jember, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkannya didukung juga dengan ketersediaan produk yang selalu lengkap dan terbaru yang tentu saja diharapkan dapat memuaskan keinginan konsumen.
Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen