Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kopi Siippp (Studi Kasus Kopi Siippp Kota Batu)
Abstract
Kopi merupakan minuman yang digemari oleh setiap orang di seluruh dunia dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari – hari. Kopi juga merupakan sumber penghasilan bagi tidak kurang dari satu setengah juta jiwa petani kopi di Indonesia. Mutu biji kopi sangat tergantung pada proses penangganan pada pasca panen yang tepat. Dengan penangganan pasca panen yang tepat di setiap prosesnya dan bisa di tingkatkan. Salah satu Cafe Kopi yang mampu bertahan serta bersaing di pasar pada saat ini adalah Kopi Siippp. Kopi Siippp berlokasi di area Pariwisata Jatim Park 1 yang berada di Kota Batu, dimana konsumennya mulai dari anak anak sampai orang tua. Kopi Siippp menyajikan beraneka ragam menu kopi tidak hanya menyajikan produk olahan kopi tetapi juga menyediakan produk non coffe serta berbagai macam makanan. Dalam menghadapi fakta yang terjadi menunjukan bahwa Kopi Siippp telah berupaya membuat strategi pemasaran dan bentuk promosi menarik yang sangat berpengaruh pada tingkat penjualan untuk meningkatkan laba. Akan tetapi dalam kenyataan promosi yang dilakukan belum mencapai target dalam strategi pemasaranya. Sehingga mengakibatkan nilai penjualan belum mencapai target.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pada produk Kopi Siippp dan merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk di Kopi Siippp Kota Batu.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kopi Siippp, penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Kopi Siippp merupakan salah satu tempat usaha yang bergerak dibidang produksi/penjualan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling, yakni secara kebetulan siapa saja yang membeli produk Kopi Siippp di Kota Batu dengan sebanyak 70 sampel. Data dikumpulkan melalui obeservasi, wawancara, dan kuosioner. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT (Strenghts Weaknesses Opportunities Threats).
Kopi Siippp dilihat dari faktor internal yaitu memiliki produk yang berkualitas dan berbagai macam menu pilihan yang dikemas dengan rapi dan menarik. Kopi siippp juga memiliki karyawan yang berpenampilan rapi dan melayani konsumen dengan ramah. Kopi Siippp juga memberikan diskon kepada para pengunjung wisatawan Jawa Timur Park 1 sekaligus juga memberikan promo lewat online seperti grab, gojek dan shopee. Kopi Siippp memiliki tempat yang bersih dan nyaman bagi para customer. Kopi Siippp memiliki kelemahan di beberapa menu ada yang tidak tersedia. Pelayanan Kopi Siippp terkadang kurang stabil karna beberapa customer meminta untuk penyajian secara cepat. Terbatasnya tempat parkir saat jam operasioanal wisata Jawa Timur Park 1, banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui jam operasional Kopi Sippp dan banyak pengujung luar kota yang tidak mengetahui tentang brand Kopi Siippp. Strategi pemasaran Kopi Siippp dalam meningkatkan penjualan Sebagai mana menunjukkan bahwa Kopi Siiippp memiliki peluang dan kekuatan yang besar, sehingga Kopi Siippp dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan melakukan strategi pengembangan (agresif) seperti menstabilkan promosi online maupun ofline agar dapat alternatif terpilih yang tepat untuk dijadikan masukan oleh perusahaan Kopi Siiippp sebagai alternatif strategi yang perlu direkomendasikan dalam meningkatkan penjualannya.
Saran dari penelitian ini Kopi Siippp lebih meningkatkan lagi untuk melakukan promosi secara online maupun offline agar dapat meningkatkan penjualan yang lebih stabil. Kopi Siippp harus tetap menjaga harga dan kualitas produk meskipun harga bahan baku semakin tinggi sehingga para customer dapat menikmati produk Kopi Siippp dengan harga yang terjangkau. Kopi Siippp disarankan mempertahankan sumber daya manusia dalam hal pelayanan terhadap customer sesuai dengan standart operasional prosedur perusahaan Kopi Siippp. Kopi Siippp disarankan menjaga kualitas produknya karena banyaknya perusahaan pesaing sejenis yang menawarkan produk yang sama sehingga custamer tidak merasa bosan terhadap sajian menu Kopi Siippp.
Kata Kunci : Analisis, Strategi Pemasaran, Penjualan Kopi Siippp