Peran Endorsement Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus pada Toko 99 Aksesoris Handphone Mt. Haryono Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran endorsement dan proses endorsement terhadap volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pemilik toko, kepala toko, karyawan toko, pelanggan toko, dan salah satu selebgram yang digunakan Toko 99 aksesoris handphone Malang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Toko 99 aksesoris handphone Malang menggunakan celebrity endorser untuk kegiatan endorsement. Peran celebrity endorser yang telah digunakan berperan kedalam kegiatan penjualan sehingga berpengaruh terhadap volume penjualan Toko 99 aksesoris handphone Malang. Peran celebrity endorser meliputi testimonial, endorsement, actor, dan spokperson.
Adapun proses endorsement yang dilakukan Toko 99 yaitu menentukan target artis endorse, endorse secara rutin, menyediakan dana untuk endorse, memastikan stok yang dimiliki cukup, mencatat penjualan dengan jurnal Peran endorsement dan proses endorsement yang dilakukan Toko 99 mengetahui pencapaian volume penjualan, perolehan laba, dan pertumbuhan perusahaan.
Kata Kunci: Endorsement, Celebrity Endorser, Volume Penjualan