Show simple item record

dc.contributor.authorAlfiyas, Ridho
dc.date.accessioned2023-10-25T02:22:37Z
dc.date.available2023-10-25T02:22:37Z
dc.date.issued2023-09-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8600
dc.description.abstractMenurut Kementrian Pertanian Republik Indonesia Kopi Indonesia mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif. Terdapat banyak varietas kopi, namun dalam dunia perdagangan didominasi oleh varietas kopi arabika dan robusta, sedangkan kopi ekselsa tidak terlalu diminati. Bagi daerah dengan sentra produksi kopi peluang dalam mengembangkan usaha kopi sebagai penggerak perekonomian merupakan peluang yang sangat besar. Wonosalam juga merupakan salah satu produsen kopi yang saat ini sedang mengembangkan kopi ekselsa Wonosalam. UMKM Sumber Wandhe adalah salah satu produsen kopi yang cukup dikenal di Wonosalam, Kabupaten Jombang. Sebagai pelaku usaha di bidang kopi perlu beberapa Langkah untuk menyusun strategi pengembangan yaitu dengan menganalisis lingkungan internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yang meliputi peluang dan ancaman. Dari uraian diatas maka dilakukan penelitian mengenai strategi pengembangan usaha kopi ekselsa Wonosalam. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal usaha kopi ekselsa Wonosalam pada UMKM Sumber Wandhe. 2) Merumuskan strategi pengembangan usaha kopi ekselsa Wonosalam pada UMKM Sumber Wandhe. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu di UMKM Sumber Wandhe dengan pertimbangan tempat tersebut merupakan salah satu produsen kopi di Kabupaten Jombang serta terdapat kopi ekselsa Wonosalam yang menjadi fokus penelitian. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk responden internal dengan informan sebanyak 1 orang pemilik dan 4 orang karyawan dan 30 responden eksternal dari konsumen Sumber Wandhe yang sudah pernah membeli atau merasakan kopi ekselsa Wonosalam dengan pertimbangan bahwa konsumen tersebut mampu memberikan penilaian atas pertanyaan yang diajukan. Metode analisis data menggunakan matriks IE untuk menentukan faktor internal dan eksternal pada Sumber Wandhe, Matriks SWOT untuk melihat alternatif strategi pengembangan yang cocok pada pengembangan usaha kopi Ekselsa Wonosalam di Sumber Wandhe, Matriks SPACE untuk melihat posisi UMKM Sumber Wandhe, dan matriks QSPM untuk mengetahui prioritas strategi yang harus dilakukan dalam pengembangan usaha kopi ekselsa Wonosalam pada UMKM Sumber Wandhe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal Sumber Wandhe adalah kekuatan yaitu: menyediakan tempat yang nyaman dan fasilitas pendukung pada kedai, produk bervariasi dan memiliki rasa yang khas, penyajian yang baik, pelayanan yang ramah, harga yang bersaing dengan usaha lain sejenis. Kelemahan berupa: lokasi yang kurang strategis jauh dari pusat kota, promosi yang dilakukan belum efektif, tempat kedai dan lahan parkir yang kurang luas. Faktor eksternal berupa peluang yaitu: tren konsumsi kopi yang semakin meningkat, berkembangnya teknologi sebagai sarana produksi, jumlah pengunjung pada hari libur, mempunyai pelanggan tetap. Ancaman berupa: persaingan dalam usaha kopi yang tinggi, adanya varian kopi yang lebih dikenal masyarakat. Dari hasil analisis matriks IE didapatkan bahwa posisi Sumber Wandhe berada pada sel IV yang merupakan stabilitas, kemudian pada matriks SPACE didapati Sumber Wandhe berada pada kuadran agresif yang menunjukkan bahwa posisi Sumber Wandhe adalah pada kuadran yang mendukung strategi agresif dengan aktif melihat peluang dari usaha kopi ekselsa Wonosalam untuk meraih keuntungan yang tinggi. Penentuan prioritas strategi menggunakan QSPM diperoleh hasil strategi dengan nilai TAS terbesar pada strategi S-T yaitu sering mengadakan event tentang pengenalan kopi ekselsa Wonosalam. Saran yang dapat diberikan untuk UMKM Sumber Wandhe dalam mengembangkan usaha kopi ekselsa Wonosalam adalah melakukan pengembangan sesuai dengan prioritas strategi yang telah dirumuskan, mengimplementasikan strategi yang telah dirumuskan dan disosialisasikan kepada seluruh yang berkaitan dengan UMKM Sumber Wandhe agar strategi dapat dijalankan dengan baik. Saran untuk peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi terkait dengan strategi pengembangan usaha kopi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan beberapa variabel lain seperti bauran pemasaran atau tingkat kepuasan konsumen yang dapat digunakan sebagai acuan dalam strategi pengembangan usahaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKopi Ekselsa Wonosalamen_US
dc.subjectPengembangan Usahaen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Kopi Ekselsa Wonosalam Pada Umkm Sumber Wandhe Dusun Sumber Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record