Pengembangan E-LKPD Berbasis Pemecahan masalah Menggunakan Liveworksheet Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Kelas IX
Abstract
Kegiatan Pembelajaran selalu berkaitan dengan proses belajar mengajar. Pada proses pembelajaran terdapat beberapa unsur penting yang dibutuhkan salah satunya adalah media pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di SMPN 13 Malang menunjukan bahwa 77% guru setuju terhadap inovasi media pembelajaran menggunakan liveworksheet, sedangkan 70% siswa setuju akan adanya inovasi media mempelajaran menggunakan liveworksheet.Untuk meningkatkan motivasi, minat dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan pengembangan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan liveworksheet pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet materi bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet pada materi bangun ruang sisi lengkung. Media ini dikembangkan dengan menggunakan website Canva dan Liveworksheet.
Pengembangan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Analysis (analisis), dimana pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan siswa dan guru; (2) Design (perancangan), pada tahap ini dilakukan pembuatan flowchart yaitu alur pembuatan produk untuk mempermudah pada proses pembuatan storyboart yaitu tahap penggambaran alur pembuatan produk untuk mempermudah proses pembuatan produk; (3) Development (pengembangan), sebelum pembuatan produk, dirancang instrumen berupa angket yang diberikan kepada ahli materi untuk mengetahui kelayakan materi yang digunakan, setelah materi dinyatakan valid dapat dilakukan pengembangan produk, setelah produk dikembangkan, produk akan divalidasi oleh ahli desain dan media pembelajaran serta praktisi; (4) Implementation (Pelaksanaan), jika produk telah dinyatakan valid oleh ahli desain dan media pembelajaran serta praktisi langkah selanjutnya uji coba produk kepada subjek penelitian, yaitu 9 siswa kelas IX; dan (5) Evaliation (Evaluasi), penilian subjek penelitian terhadap produk. Media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet divalidasi oleh satu validator ahli materi yang menjabat sebagai dosen matematika UNISMA, satu ahli desain dan media pembelajaran yang menjabat sebagai dosen matematika UNISMA, dan dua validator praktisi guru matematika SMPN 13 Malang. Media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah dinyatakan sangat valid oleh para ahli dan dinyatakan valid oleh subjek penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data seacara keseluruhan media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet dinyatakan sangat valid oleh keempat validator yang terdiri dari ahli materi, ahli desain dan media pembelajaran serta praktisi dengan total skor rata-rata 4,1. Adapun rincian skor rata-rata dari setiap validator adalah sebagai berikut, 1) ahli materi 4,17, 2) ahli desain dan media pembelajaran 4,12, dan 3) praktisi 4,03. Sedangkan validasi media oleh pengguna/user memperoleh skor rata-rata 3,68 yang dinyatakan valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis pemecahan masalah menggunakan Liveworksheet materi bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX dinyatakan valid dalam kategori menarik minat belajar siswa yang memiliki karakteristik gaya belajar visual dan kepraktisan dalam penggunaan.
Kata Kunci: Pengembangan, E-LKPD, Pemecahan Masalah, Liveworksheet