Show simple item record

dc.contributor.authorMelati, Ronce Arum
dc.date.accessioned2023-11-08T01:56:34Z
dc.date.available2023-11-08T01:56:34Z
dc.date.issued2023-05-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8748
dc.description.abstractPada era globalisasi saat ini, adanya persaingan ketat antar kota yang semakin tidak terbantahkan. Kondisi tersebut terus terjadi hingga saat ini pada kota-kota di Indonesia berlomba-lomba menemukan potensi terbaik demi meningkatkan daya tariknya. Keadaan ini menuntut setiap daerah agar membentuk brand yang kuat dalam menghadapi tuntutan global. Kota Batu di Jawa Timur adalah salah satu kota yang memanfaatkan teknik pemasaran city branding untuk mendukung pembangunan kota. Pemerintah kota di bawah kepemimpinan walikota Eddy Rumpoko menggagas upaya branding dengan salah satu programnya yakni peluncuran tagline Kota Wisata Batu (KWB) yang kemudian pada tahun 2013 diganti menjadi “Shining Batu”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran city branding terhadap kepuasan wisatawan Kota Wisata Batu, untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran city branding terhadap loyalitas wisatawan Kota Wisata Batu, untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran word of mouth terhadap kepuasan wisatawan Kota Wisata Batu, untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran word of mouth terhadap loyalitas wisatawan Kota Wisata Batu, dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan Kota Wisata Batu. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa kota Malang yang pernah mengunjungi Kota Wisata Batu. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa city branding berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, word of mouth berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan wisatawan, city branding berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas wisatawan, word of mouth berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan wisatawan, kepuasan wisatawan berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas wisatawan. Kata Kunci: city branding, word of mouth, kepuasan wisatawan, loyalitas wisatawan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectcity brandingen_US
dc.subjectword of mouthen_US
dc.subjectkepuasan wisatawanen_US
dc.subjectloyalitas wisatawanen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Strategi Pemasaran City Branding, Word Of Mouth Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Kota Wisata Batu (Studi Kasus pada Mahasiswa Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record