Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing (Studi pada Konsumen Teh Pelangsing CV. DA MAJESTY Pengguna Tiktok)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing di Tiktok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan adalah Konsumen CV.DA MAJESTY Pengguna TikTok dan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regeresi linier berganda dengan program SPSS Statistic V.25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Viral Marketing berpengaruh parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing yang menunjukkan nilai t hitung 2,175 > t tabel 1,660 dengan nilai signifikan 0,032 < 0,05. (2) Online Customer Review berpengaruh parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing yang menunjukkan nilai t hitung 2,906 > t tabel 1,660 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. (3) Harga berpengaruh parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing yang menunjukkan nilai t hitung 3,706 > t tabel 1,660 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (4) Secara simultan, Viral Marketing, online customer review dan harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan F hitung sebesar 48,488 > F tabel 2,698.
Kata kunci: Viral Marketing, Online Customer Review, Harga, Keputusan Pembelian