View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model Pengembangan Sikap Sosial di SMP Islam Ma’hadul Ilmi Wal ‘Amal Kabupaten Tulungagung

Thumbnail
View/Open
Publish (2.217Mb)
Fulltext (2.888Mb)
Date
2023-09-22
Author
Hamdani, Nanang
Metadata
Show full item record
Abstract
Keterampilan sosial dan lintas budaya sangat penting dalam mewujudkan kesuksesan siswa di sekolah maupun di kehidupan. Keterampilan sosial memungkinkan seseorang berinteraksi secara efektif dengan orang lain, bekerja secara efektif dalam sebuah tim yang memiliki anggota beragam, berpikiran terbuka terhadap ide-ide dan nilai-nilai yang berbeda, dan menggunakan perbedaan sosial budaya untuk menghasilkan ide, inovasi, dan kualitas kerja yang lebih baik (Zubaidah, 2016). Proses pembelajaran dan penilaian masih lebih memperhatikan aspek pengetahuan yang dikuasai siswa, dan masih kurang memperhatikan penguasaan sikap sosial siswa. Frekuensi penilaian aspek sikap yang dilakukan oleh guru masih sangat kurang. Guru masih mengalami hambatan dalam melakukan penilaian sikap, dan masih harus lebih meningkatkan pemahaman mereka terhadap karakter masing-masing siswa (Fitria, 2017). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini muncul karena adanya perbedaan pandangan dari suatu keadaan/fenomena. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis studi kasus yang dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara menyeluruh mengenai pengembangan sikap sosial dan tanggung jawab melalui kegiatan keagamaan secara mendalam dan komprehensif. Fokus penelitian ini meliputi perencanaan dan pelaksanaan serta model pengembangan sikap sosial siswa di SMP Islam Ma’hadul Ilmi Wal ‘Amal Kabupaten Tulungagung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelasanaan, dan model pengembangan sikap sosial siswa di SMP Islam Ma’hadul Ilmi Wal ‘Amal Kabupaten Tulungagung. Hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam hal perencanaan, Adanya program kegiatan keagamaan rutin, Adanya metode keteladanan, Pembinaan orang tua siswa dan guru. Dalam hal pelaksanaanya meliputi, Penerapan 5S mulai dari awal masuk siswa sampai kepulangan siswa, Melaksanakan doa bersama, Melaksanakan sholat dhuha berjamaah di masjid, Pembelajaran BTQ pada jam pertama, Sebelum mengakhiri pelajaran melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dimulai dari adzan, Pengadaan infaq setiap hari jumat, Adanya kerja bakti, Adanya ekstrakurikuler. Model pengembangan sosial siswa di SMP Islam Ma’hadul Ilmi Wal ’amal mengadaptasi dari 3 model yaitu model pendidikan karakter, Pelatihan Keterampilan Sosial, Program Pelayanan Masyarakat. Kata Kunci: Pengembangan, Sikap Sosial, Siswa
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8860
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group