View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Sistem Pendaftaran Online (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep)

Thumbnail
View/Open
Fulltext (4.754Mb)
Publish (1.413Mb)
Date
2023-11-01
Author
Mahsunah, Iffah
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas pelayanan mengenai administrasi kependudukan, pemerintah serentak mengembangkan sistem pelayanan berupa E-govermen sebagai pengalihan suatu pekerjaan pemerintahan dari sistem manual kepada komputerisasi atau berbasis online sesuai dengan Intruksi Presiden Republik Indonesia No 03 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-government Bahwa kemajuan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi akan meningkatkan efesiensi, efektifitas dan penyelenggaraan pemerintah. Dibuatlah pelayanan berbasis website yaitu Sistem Pendaftaran Online yang disingkat dengan SIMPONI. Simponi ini sudah berlangsung sejak tahun 2020. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif deskriptif yang digunakan untu menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan. Fokus penelitian berkaitan dengan kualitas pelayanan dengan menggunakan teroi Zeithaml 1990 (dalam Hardiansyah 2018), yaitu tangibel, reliability, responsiviness, assurance,dan empathy. Pada pengumpulan data dilakukan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian yang bertujuan untuk keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan 4 komponen yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh, diketahui bahwasanya, kualitas pelayanan mengenai administrasi kependudukan melalui sistem pendaftaran online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep seiring berjalannya waktu hingga saat ini sudah berjalan dan diterapkan dengan baik, baik dari aspek yang berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, serta empati. Faktor pendukung yang pelayanan ini adanya tambahan pelayanan yaitu Simponi Redes untuk membantu masyarakat yang belom/ tidak mahir berteknologi. Lalu faktor penghambatnya ada pada sosialiasi yang kurang maksimal terutama pada pihak-pihak terdekat ssesama ASN, serta kurangnya SDM di bagian pengaduan. Akses pelayanan menggunkan Simponi juga harus dengan jaringan yang stabil. Melalui proses penelitian yang sudah dilakukan, maka ditemukanlah beberapa saran yang dapat peneliti berikan yakni memberikan sosialisasi terus menerus hingga pelayanan SIMPONI ini dapat diketahui sampai pelosok desa. Diadakannya wadah kritik dan saran mengenai sistem tersebut, agar pemerintah bagian pelayanan administrasi kependudukan dapat terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, SIMPONI
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8940
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group