View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Kebijakan Rancang Bangun Bus pada Transportasi Publik di Terminal Arjosari (Studi Kasus BPTD XI Wilayah Jawa Timur)

Thumbnail
View/Open
Fulltext (3.760Mb)
Publish (1.694Mb)
Date
2023-09-05
Author
Laili, Fauziyah Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Implementasi kebijakan perbaikan dan pengembangan sistem transportasi publik di Terminal Arjosari dianggap sebagai prioritas utama dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi. Pemerintah, terutama Badan Pengatur Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur, telah mengidentifikasi berbagai masalah terutama terkait izin trayek angkutan kota di Malang. Kesenjangan antara jumlah transportasi publik dan tingkat penggunaannya berpotensi merusak kualitas layanan transportasi publik. Masalah-masalah ini dapat secara signifikan mempengaruhi pengalaman masyarakat dalam menggunakan layanan transportasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh BPTD XI Jawa Timur (Kota Surabaya) dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik dengan mempertimbangkan pandangan masyarakat umum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menekankan pada deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak terkait, analisis dokumen, dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPTD XI telah mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi publik, termasuk perbaikan sarana dan prasarana transportasi, perbaikan rute dan jalur transportasi, serta menerapkan uji emisi dan pembatasan usia kendaraan di Terminal Arjosari. Selain itu, terminal itu sendiri telah direvitalisasi, jalan-jalan diperbaiki, dan jumlah armada transportasi ditambah. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik melibatkan sumber daya manusia yang berkualitas di dalam organisasi, peraturan yang sesuai, dan kerja sama dengan lembaga lain seperti kepolisian dan TNI. Di sisi lain, faktor penghambat mencakup regulasi jumlah transportasi yang tidak seimbang, kurangnya kenyamanan dalam menggunakan transportasi, dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam merawat fasilitas transportasi yang telah disediakan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang upaya yang telah dilakukan oleh BPTD XI Jawa Timur dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi publik di Terminal Arjosari. Kata Kunci: Implementasi,Kebijakan,Tansportasi Publik
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9014
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group