Show simple item record

dc.contributor.authorNugraha, Edwin Indra
dc.date.accessioned2024-01-24T00:59:35Z
dc.date.available2024-01-24T00:59:35Z
dc.date.issued2023-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9035
dc.description.abstractPelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Ponorogo merupakan bagian dari mekanisme pelayanan publik. Dan pelayanan publik yang baik adalah pelayanan yang sampai pada kepuasan masyarakat. Berdasarkan observasi dan informasi dari data sekunder yang didapatkan oleh penulis diduga terdapat beberapa permasalahan yakni, faktor sumber daya manusia dan infrastruktur sarana prasarana yang kurang memadai dalam menunjang proses pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisa data model Milles Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Untuk menganalisa Efektifitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo yang dilakukan peneliti, yakni didasarkan pada teori kualitas pelayanan publik menurut Zithmal, Parasuraman & Berry (dalam bukunya Wiwik Sulistyowati, 2018:27) yang terdiri dari 10 (sepuluh) indikator yaitu Tangibles, Reability, Responsiveneess, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dari efektifitas pelayanan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo berdasarkan analisis efektifitas pelayanan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo ditemukan beberapa catatan penting yakni, aspek security yakni keamanan data masih belum aman karena ada beberapa berkas yang hilang sehingga pemohon harus menyerahkan data lagi. Selanjutnya faktor pengetahuan dan kepahaman masyarakat tentang pengurusan sertifikat tanah itu sendiri masyarakat terkadang kurang begitu memahami persyaratan apa saja yang harus dilengkapi dan bagaimana mekanisme persiapanya sementara Badan Pertanahan Kabupaten Ponorogo sudah menginfokan dengan sejalas jelasnya. Kata Kunci : Efektifitas, Pelayanan, Pengurusan Sertifikat Tanahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.subjectPengurusan Sertifikat Tanahen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record