View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo

Thumbnail
View/Open
Fulltext (2.500Mb)
Publish (2.241Mb)
Date
2023-08-23
Author
Nugraha, Edwin Indra
Metadata
Show full item record
Abstract
Pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Ponorogo merupakan bagian dari mekanisme pelayanan publik. Dan pelayanan publik yang baik adalah pelayanan yang sampai pada kepuasan masyarakat. Berdasarkan observasi dan informasi dari data sekunder yang didapatkan oleh penulis diduga terdapat beberapa permasalahan yakni, faktor sumber daya manusia dan infrastruktur sarana prasarana yang kurang memadai dalam menunjang proses pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisa data model Milles Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Untuk menganalisa Efektifitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo yang dilakukan peneliti, yakni didasarkan pada teori kualitas pelayanan publik menurut Zithmal, Parasuraman & Berry (dalam bukunya Wiwik Sulistyowati, 2018:27) yang terdiri dari 10 (sepuluh) indikator yaitu Tangibles, Reability, Responsiveneess, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dari efektifitas pelayanan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo berdasarkan analisis efektifitas pelayanan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo ditemukan beberapa catatan penting yakni, aspek security yakni keamanan data masih belum aman karena ada beberapa berkas yang hilang sehingga pemohon harus menyerahkan data lagi. Selanjutnya faktor pengetahuan dan kepahaman masyarakat tentang pengurusan sertifikat tanah itu sendiri masyarakat terkadang kurang begitu memahami persyaratan apa saja yang harus dilengkapi dan bagaimana mekanisme persiapanya sementara Badan Pertanahan Kabupaten Ponorogo sudah menginfokan dengan sejalas jelasnya. Kata Kunci : Efektifitas, Pelayanan, Pengurusan Sertifikat Tanah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9035
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group