Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Ayam Goreng Nelongso Tlogomas
Abstract
Predy Pranajaya, 2023, Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Ayam Goreng Nelongso Tlogomas. Dosen Pembimbing I: Dadang Krisdianto, S.Sos., M.Si, Dosen Pembimbing II: Ainul Chanafi, S.AB., M.A
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas website, kepercayaan, dan diskon pengaruh terhadap keputusan pembelian online via Gojek baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data yang digunakan merupakan data primer dengan teknik pengumpulan data adalah angket. Pada instrumen variabel kualitas website menggunakan webqual yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Objek penelitian yang digunakan adalah konsumen Ayam Goreng Nelongso yang pernah melakukan pembelian menggunakan Gojek.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas website (X1) dan variabel kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian online (Y) pada konsumen Ayam Goreng Nelongso. Sedangkan variabel diskon (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian online (Y) pada konsumen Ayam Goreng Nelongso. Pada hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh simultan pada setiap variabel bebas yang digunakan (kualitas website, kepercayaan, dan diskon) terhadap keputusan pembelian online (Y) pada Konsumen Ayam Goreng Nelongso. Variabel bebas yang digunakan tersebut mempengaruhi keputusan pembelian online sebesar 24.1% dan 75,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas website, Kepercayaan, Diskon, Keputusan Pembelian Online, Webqual.