Pengaruh Display Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Jati Mulya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Jati Mulya, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang melakukan pembelian di Toko Jati Mulya sebanyak 256, dan sampel yang digunakan sebanyak 72 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel display produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai hitung thitung > ttabel (3,497 > 1,996) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Variabel kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai hitung thitung > ttabel (3,968 > 1,996) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Variabel promosi (X3) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai hitung thitung > ttabel (2,474 > 1,996) dan nilai signifikansi (0,016 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel display produk, kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan Fhitung > Ftabel yaitu 35,872 > 2,51 dengan signifikansi F 0,000 < 0,05. Hasil koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan (Y) dipengaruhi 78,3% oleh variabel display produk, kualitas pelayanan dan promosi. Sisanya 21,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Display Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepuasan Pelanggan