Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel suasana toko dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan Kopi Studio 24 Soekarno Hatta.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel suasana toko (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Kopi Studio 24 Cabang Soekarno Hatta. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel independen (suasana toko dan kualitas pelayanan) secara simultan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,310, yang berarti seluruh variabel bebas yaitu suasana toko (X1) dan kualitas pelayanan (X2) memiliki kontribusi secara bersama sebesar 31% terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisa nilai sebesar 69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian