Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang
Abstract
Dalam suatu lembaga pendidikan, kepala madrasah merupakan pondasi
yang sangat menetukan bagi pencapaian tujuan organisasi apapun dan bentuk
apapun, begitu juga dalam bentuk pendidikan. Kepala madrasah mempunyai
peran penting didalam suatu lembaga pendidikan. Maka hal iti kepala madrasah
adalah seorang pemimpin yang harus menghasilkan kualitas pendidikan yang
baik, disamping itu kepala madrasah harus mampu mencetak peserta didik agar
menjadi seseorang yang memiliki disiplin yang tinggi dan mengarahkan peserta
didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang untuk selalu berperilaku sesuai dengan
norma yang berlaku. Maka, untuk tercapainya tujuan pendidikan disinilah
diperlukan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik
di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malanng. Dengan adanya peran kepala madrasah
dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik maka akan meningkatkan
berkembangnya potensi peserta didik sesuai dengan visi dan misi madrasah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dengan mengambil judul „Peran Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kedisplinan Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang‟.
Dengan fokus penelitian sebagai berikut: bagaimana kondisi kedisiplinan peserta
didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang?, bagaimana peran kepala madrasah
dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in
Malang?, Bagaimana kendala kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan
peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang?. Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan kondisi kedisiplinan
peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang, untuk mendiskripsikan peran
kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Hidayatul
Mubtadi‟in Malang, untuk mendiskripsikan kendala kepala madrasah dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in Malang
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatatif. Prosedur pengumpulan dilakukan dengan wawancara yang merupakan
metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan
sumber penelitian dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal
yang berupa catatan, transkip, laporan-laporan, agenda dan sebagianya .
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kepala madrasah untuk
meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadi‟in
Malang.Kepala madrasah berusaha memperkuat peraturan madrasah dan
pengetahuan untuk bersikap sesuai akhlakul karimah dengan melakukan
pendekatan, pembiasaan dan memberikan keteladan, ajakan, peringatan dan
pembinaan terhadap semua kalangan, menyusun mensosialisasikan serta
menggerakkan peraturan/tata tertib dan melakukan monitoring, evaluasi terhadap
kedisiplinan peserta didik. Maka dari itu kepala madrasah dan pihak madrasah
harus lebih untuk meningkatkan tanggung jawabnya terutama dalam
meningkatkan disiplin waktu karena erat kaitannya dengan proses pembelajaran.
Dari situlah bisa membawa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi‟in Malang
menjadi madrasah yang lebih berkualitas dan lebih baik.