Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru MI Al-Islamiyah Kota Bangil
Abstract
Kepala madrasah adalah seorang guru yang mempunyai tugas penting
untuk mempimpin dan mengelola serta mengembangkan yang ada di suatu
madrasah sehingga apa yang terdapat di madrasah dapat didaya gunakan secara
efektif untuk mencapai tujuan bersama. Menjadi kepala madrasah terlebih seorang
pemimpin Kepala madrasah tidaklah mudah, karena Kepala madrasah mempunyai
kriteria khusus dan syarat tertentu yang harus dipenuhi. Seorang kepala madrasah
harus memiliki standar khusus dan umum, serta harus mempunyai kompetensi
tertentu. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana
cara untuk meningkatkan profesionalisme guru,dan bagaimana peran kepala
madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru di MI Al-Islamiyah kota
Bangil Pasuruan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala
madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al-Islamiyah kota
Bangil Pasuruan, mendeskripsikan profesionalisme guru di MI Al-Islamiyah kota
Bangil Pasuruan dan mengetahui pandangan guru terhadap peranan kepala
madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al-Islamiyah kota
Bangil Pasuruan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang jenis penelitiannya
adalah study kasus. Data-data diperoleh dengan dokumentasi, wawancara, dan
observasi di MI Al-Islamiyah kota Bangil Pasuruan. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data, pengecekan keabsahan dan tringulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa profesionalisme guru di MI AlIslamiyah kota Bangil Pasuruan melakukan dengan baik, terlihat dari antusias
untuk melakukan dan mengembangkan diri untuk meningkatkan profesional
dalam mengajar seperti meningkatkan keterampilan mengajar yang baik,
memahami kurikulum,memiliki wawasan yang luas,penguasaan media
pembelajaran berbasis teknologi serta peran penting yang dilakukan oleh kepala
madrasah seperti menjalankan tugasnya sebagai manager,inovator,evaluator,dan
sebagai supervise.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di MI
Al-Islamiyah kota Bangil Pasuruan menunjukkan bahwa terlaksana dengan baik
seperti halnya kepala madrasah yang telah menerapkan perannya di lembaga
madrasah dengan menggunakan kegiatan kunjungan kelas, seminar guru, sarana
dan parasan yang memadai dan kesejaahteraan guru sehingga dapat meningkatkan
profesionalisme guru di MI Al-Islamiyah kota Bangil Pasuruan