Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Driver Gojek Kota Jakarta Selatan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada Driver Gojek Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari kuesioner yang disebarkan, dan data sekunder yang berasal dari e-book, jurnal, artikel, dll. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah driver gojek jakarta selatan. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Dengan demikian sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas Data, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel reward secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil uji parsial (uji t) dengan nilai t hitung > t tabel (6.811 >1.980) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel punishment secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil uji parsial (uji t) dengan nilai t hitung > t tabel (3.616 > 1.980) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji simultan (Uji F) reward dan punishment berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dapat dilihat dari hasil uji simultan (uji F) dengan nilai F hitung > f tabel (27.585 > 3.07) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci : reward, punishment, kinerja karyawan.