Analisis Segmenting, Targetting dan Positioning (STP) dalam Memenuhi Pangsa Pasar pada Makaroni Ashobar
Abstract
Ahmad Rukhy Maslukhi, 2023. Analisis Segmenting, Targetting dan Positioning (STP) dalam Memenuhi Pangsa Pasar pada Makaroni Ashobar. Pembimbing I, Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si. Pembimbing II Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si.
Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk gambar. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Makaroni Ashobar yang belokasikan Jl Klayatan 1 No 15 A, Kelurahan Bandungrejosari, kecamatan Sukun, Kota Malang. Dalam penelitian proses pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan implementasi segmenting, targetting serta positioning yang dilakukan oleh Makaroni Ashobar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Makaroni Ashobar menerapkan strategi segmenting, targetting dan positioning dengan baik dengan menerapkan berbagai dasar segmenting untuk membagi pasar Makaroni Ashobar. Strategi targetting untuk memilih pasar yang telah dikelompokkan dan strategi positioning untuk memperluas pengenalan merek Ashobar terhadap masyarakat. Penggunaan STP yang dilakukan oleh Makaroni Ashobar menunjukkan hasil yang positif dengan adanya peningkatan pendapatan serta konsumen Makaroni Ashobar yang didukung dengan berbagai faktor seperti bahan baku yang berkualitas, proses produksi yang benar serta sumber daya manusia yang mempuni.
Kata Kunci : Implementasi Segmenting, Targetting dan Positioning