View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membina Budi Pekerti Siswa Kelas VIII di MTs Darun Najah Karang Ploso Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.660Mb)
Fulltext (2.854Mb)
Date
2024-01-11
Author
Albab, Ulul
Metadata
Show full item record
Abstract
Di era modern sekarang ini banyak sekali remaja yang memiliki budi pekerti kurang baik, salah satunya remaja di lingkungan sekolah yaitu siswa. Sekolah merupakan salah satu tempat pembentukkan karakter yang sangat berpengaruh bagi siswa, karena siswa berada di lingkungan sekolah lebih lama dibandingkan yang lain. Pembelajaran akhlak merupakan salah satu aspek yang sangat fundamental dalam kehidupan masayarakat. Karena sepintar-pintarnya seorang anak didik jika tidak dilandasi dengan akhlak yang baik maka tidak dapat mencerminkan kepribadian yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membina budi pekerti siswa di MTs Darun Najah. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran guru Akidah Akhlak dalam Membina Budi Pekerti siswa di MTs Darun najah. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membina Budi Pekerti siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan etnografi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam membina budi pekerti siswa guru Aqidah Akhlak memiliki perencaan dengan memberikan motivasi kepada siswa, Memberi penghargaan, Memantau perkembangan. Dalam membina budi pekerti pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa yang diterapkan dalam pembelajaran, yaitu: Guru Menggunakan metode Discovery Learning, Guru Menanamkan budi pekerti yang baik, Guru Memberi tugas. Dalam membina budi pekerti Guru Aqidah Akhlak Memliki beberapa faktor pendukung dan penghambat, yaitu: Faktor pendukung: Guru Memberikan sanksi, Guru sebagai fasilitator. Faktor penghambat: Kurangnya motivasi belajar, Lingkungan yang kurang baik. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Budi Pekerti
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9417
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group