View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa di MAN I Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.687Mb)
Fulltext (4.277Mb)
Date
2024-03-26
Author
Nawawi, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
Akhlak adalah sebuah perbuatan baik yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak bisa dilepaskan dari kata "akhlak" Akhlak inilah yang menjadi perangai atau watak seseorang dalam segi tingkah laku sehari-hari. Seperti yang sudah dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri MAN I Kota Malang, menerapkan pembiasaan membaca Asmaul Husna yang dapat menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik. Ada beberapa fokus penelitian dalam penelitian ini mengenai bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna dalam menanamkan nilai-nilai akhlaku karimah, bagaimana metode pembiasaan membaca asmaul husan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa, dan bagai mana evaluasi pembiasaan membaca asmaul husan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Malang. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna bertujuan untuk menanamakan nilai-nilai akhlakul karimah siswa yang dilaksanakan pada pukul 07.00. Dengan itu dapat menumbuhkan nilia-nilai akhlakul karimah siswa, dengan melalui ketekunan peserta didik, tidak mudah putus asa, berpegang teguh, dan selalu mencari hal yang baru. Dalam pembiasaan membaca Asmaul Husna ada faktor pendukung dalam menerapkannya yang meliputi faktor intelegensi peserta didik, terutama orang tua yang sangat setuju dan mendukung kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna yang menjadikan peserta didik menjadi baik. Akan tetapi, dibalik adanya faktor pendukung ada juga faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna sepertinya ada siswa yang biasanya mengajak berbicara sendiri dan tidak memperhatikan dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna. Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Membaca, Asmaul Husna, Akhlakul Karimah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9458
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group