Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Induksi Matematika Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan hasil uji coba produk. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Hasil produk dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis google sites pada materi induksi matematika kelas XI SMA.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) diperoleh hasil sebagai berikut. Pada tahap analisis (analysis) yang dilakukan kepada tiga guru matematika dan 103 peserta didik dari dua sekolah yang berbeda yaitu SMA Panjura Malang dan SMA Nahdlatul Ulama Pakis secara teratur, maka diperoleh presentase 83,61% dan 77% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pendidik dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran berbasis google sites pada materi induksi matematika kelas XI SMA. Pada tahap kedua yaitu tahap perancangan (design) pada penelitian pengembangan ini terdapat tiga langkah dalam proses perancangan pengembangan media pembelajaran berbasis google sites yaitu, 1) penyusunan media, 2) pemrograman media pembelajaran berbasis google sites pada materi induksi matematika kelas XI SMA, dan 3) Menyusun instrumen penelitian (ahli desain dan media ahli materi, praktisi dan pengguna). Pada tahap pengembangan (development) ini dilakukan pembuatan produk yang menghasilkan produk media pembelajaran berbasis google sites pada materi induksi matematika kelas XI SMA, kemudian juga dilakukan validasi dan uji coba. Pada tahap implementasi (implementation) pada penelitian ini dilakukan uji coba kelompok kecil dikarenakan keterbatasan waktu.
Berdasarkan hasil uji coba kelayakan produk oleh para validator ahli didapatkan rata-rata per validator pada validasi ahli materi, ahli media dan desain secara berturut-turut adalah 4,25 dan 4,22. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil keseluruhan rata-rata dari semua validator adalah 4,23 dengan kesimpulan bahwa produk dinyatakan valid dan dapat digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kepraktisan didapatkan rata-rata praktisi dan pengguna (user) berturut-turut adalah 4,49 dan 4,18. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis google sites pada materi induksi matematika kelas XI SMA layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada tahap terakhir yaitu tahap evaluasi (evaluation) dilakukan perbaikan produk yang didasarkan dari hasil implementasi dari tiga guru dan kelompok kecil dari sekolah yang dipilih.
Mengingat hasil pegembangan produk ini memiliki manfaat dalam pembelajaran salah satunya sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi belajar. Pengembangan ini memiliki saran meliputi 1) Saran pemanfaatan produk, selama penggunaan media pembelajaran berbasis google sites pendidik dapat menjadi fasilitator peserta didik sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran yang sudah dirancang, 2) saran implementasi atau penyebaran ini hanya terbatas kepada 20 peserta didik kelas XI SMA dan 3 guru selaku validator ahli praktisi, sehingga pengembang menyarankan dapat melakukan penyebaran lebih luas lagi, 3) saran pengembang lebih lanjut, diharapkan dapat mengembangkan dan menyempurnakan media pembelajaran berbasis google sites ini lebih menarik, menyenangkan lagi, serta dengan menggunakan semua materi matematika kelas XI SMA.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Google Sites, Materi Induksi Matematika