View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning Pada Pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_21601011284_SULISTIYOWATI.pdf (1.492Mb)
Date
2020-08-04
Author
Sulistiyowati
Metadata
Show full item record
Abstract
Proses pembelajaran yang tidak menarik dapat menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari kurangnya minat dalam aktivitas belajar, interaksi dalam proses pembelajaran dan persiapan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Melihat permasalahan diatas guru mempunyai tugas untuk mengatasi masalah yang ada dalam proses belajar mengajar. Guru tidak hanya menyampaikan pelajaran tetapi bagaiamana untuk memudahkan pembelajaran bagi peserta didik. Guru dituntut mampu menciptakan metode pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik peserta didik. Materi Pendidikan Agama Islam banyak sekali bercorak terstruktur membutuhkan hafalan sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik. Untuk itu pembelajaran siswa dititikberatkan pada upaya guru dalam mendorong dan membiasakan siswa untuk berfikir kreatif, guru harus memikirkan cara-cara baru agar materi pelajaran yang diberikan kepada siswa tidak hanya mudah untuk dipelajari dan dipahami tetapi juga menjadikan mata pelajaran itu disukai. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe based problem learning bisa membuat suasana pembelajaran di kelas menyenangkan dan menarik peserta didik sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif selain itu untuk mengembangkan pengetahuan dasar maupun kompleks sehingga penguasaan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik lebih efektif khususnya peserta didik dapat mengalaminya sendiri, bukan hanya menunggu materi dan informasi dari pendidik, tetapi berdasarkan pada usaha sendiri untuk menemukan pengetahuan dan ketrampilan yang baru dan kemudian mengintegrasikan dengan pengetahuan dan ketrampilan yang sudah dimiliki sebelumnya. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka peneliti menetapkan fokus penelitian yakni tentang (1) perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang (2) teknik pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang (3) penilaian model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang, pelaksanaan model pembelajran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI oleh siswa di SMK Widya Kartika Karangploso Malang, penilaian model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI di SMK Widya Kartika Karangploso Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis,metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan meggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumantasi yaitu mencari data mengenai hal-hal variable yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Dalam penelitian ini, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning pada pelajaran PAI dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru wajib menyusun RPP setiap kali tatap muka sebagai acuan guru dalam pembelajaran, teknik pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning menumbuhkan semangat belajar peserta didik dan memotivasi mereka dengan segala aspek yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan, untuk melahirkan peserta didik kreatif inovatif dan efektif, serta penilaian penerapan model pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui umpan balik tentang kemajuan hasil belajar peserta didik di SMK Widya Kartika. sesuai dengan kurikullum 2013 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning mampu menciptakan suasana kelas yang menarik dan menyenangkan sehingga menjadi pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif dan efisien bagi peserta didik dan pendidik dalam proses belajar mengajar.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/968
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group