Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Agrowisata Blimbing Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar
Abstract
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang diperkirakan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Apabilah harapan konsumen merasa terpenuhi maka konsumen akan memutuskan membeli produk tersebut dengan harapan dapat memuaskan dirinya. Loyalitas pengunjung menjadi faktor kritis yang mempengaruhi keberhasilan suatu destinasi agrowisata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Loyalitas pengunjung pada Agrowisata Blimbing Karangsari. Analisis ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi Loyalitas pengunjung, sehingga dapat memberikan masukan konstruktif untuk pengembangan dan peningkatan kualitas di agrowisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung Agrowisata Blimbing Karangsari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang hanya berfokus pada suatu kasus untuk diamati terhadap faktor-faktor yang yang berkaitan dengan kasus sehingga diperoleh kesimpulan yang akurat. Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Blimbing Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan alasan Agrowisata Blimbing Karangsari menjadi Agrowisata yang sedang banyak diminati oleh pengunjung beberapa tahun ini. Waktu penelitian dilaksanakan dari mulai Januari sampai dengan Februari 2024. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik incidental sampling dengan melibatkan 55 responden dari pengunjung Agrowisata Blimbing Karangsari.
Kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh harga, kualitas produk, dan lokasi. Pengunjung yang merasa puas dengan harga, kualitas produk, dan lokasi agrowisata akan lebih mungkin untuk kembali dan menjadi pelanggan setia bahwa harga dan kepuasan pengunjung merupakan faktor yang paling signifikan dalam meningkatkan loyalitas pengunjung. Kualitas produk dan lokasi juga penting, meskipun pengaruhnya terhadap loyalitas tidak sekuat harga dan kepuasan. Promosi perlu ditinjau kembali untuk meningkatkan efektivitasnya.Hanya kualitas produk yang memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kualitas produk tidak secara langsung mempengaruhi loyalitas pengunjung, namun kualitas produk dapat meningkatkan loyalitas pengunjung melalui variabel lain, seperti kepuasan pengunjung. Harga, promosi, dan lokasi tidak memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa harga, promosi, dan lokasi tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pengunjung melalui variabel lain.
Saran yang diberikan penulis meliputi Loyalitas pengunjung dipengaruhi oleh harga, lokasi, dan kepuasan. Harga wajar dan lokasi strategis menarik pengunjung baru. Kepuasan, dipengaruhi oleh kualitas produk, layanan, dan pengalaman, meningkatkan loyalitas. Promosi menarik pengunjung baru. Pengusaha perlu fokus pada semua faktor ini. Tentukan harga wajar, pilih lokasi strategis, dan tingkatkan kualitas produk dan layanan. Ciptakan suasana nyaman dan dengarkan feedback pengunjung. Gunakan berbagai saluran marketing dan promo menarik. Implementasikan program loyalitas dan jalin hubungan baik dengan pelanggan. Terus berinovasi dan tingkatkan pengalaman pengunjung. Loyalitas membutuhkan usaha jangka panjang. Fokuslah pada pengalaman terbaik dan dengarkan kebutuhan pengunjung. Dengan dedikasi dan strategi tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan jangka panjang. Kata Kunci : Analisis, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas Pengunjung, Agrowisata Blimbing, Karangsari, Kota Blitar