Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Taufiq
dc.date.accessioned2024-07-26T02:49:40Z
dc.date.available2024-07-26T02:49:40Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9895
dc.description.abstractPada era globalisasi saat ini, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Di era perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat, e- commerce telah menjadi bagian dari dinamika bisnis, perbedaan antara e- commerce dan social commerce terletak pada tujuan bisnis, hubungan antar konsumen, dan sistem interaksi. Pada masa sekarang ini sudah banyak social commerce yang digunakan masyarakat di Indonesia, salah satunya yakni TikTok Shop. TikTok dan TikTok Shop tergabung dalam satu aplikasi, yang dimana TikTok Shop merupakan platform bisnis yang diterbitkan oleh TikTok untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin membeli atau pun menjual suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Viral marketing, Online customer review, Online customer rating dan kemudahan penggunaan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada social commerce TikTok Shop. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Islam Malang yang pernah membeli di TikTok Shop. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial viral marketing, online customer review dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan online customer rating tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan viral marketing, online customer review, online customer rating, kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Viral marketing, Online customer review, Online customer rating, Kemudahan Penggunaan, keputusan pembelianen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectViral marketingen_US
dc.subjectOnline customer reviewen_US
dc.subjectOnline customer ratingen_US
dc.subjectKemudahan Penggunaanen_US
dc.subjectkeputusan pembelianen_US
dc.titlePengaruh Viral Marketing, Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Social Commerce Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record