Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi di PT Harta Mulia
Abstract
PT. Harta Mulia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kopi. PT. Harta Mulia juga dibuka sebagai destinasi wisata yang ada pada Kabupaten Blitar. Perkebunan Kopi Karanganyar secara administratif terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Letak perkebunan ini cukup strategis karena berada tidak jauh dari Kawasan Wisata Panataran dan sejalur dengan beberapa destinasi wisata Blitar utara lainnya. PT. Harta Mulia adalah salah satu perkebunan kopi yang tertua di Indonesia, diawali pada masa penjajahan Belanda tercatat terakhir atas nama “NV CULLTUUR MIJ KARANGANJAR perusahaan yang merupakan subsistem secara lengkap baik dari budidaya sampai pemasaran dan agrowisata, salah satu wisata terkenal di kawasan Kabupaten Blitar.
Dalam penelitian ini variabel-variabel yang digunakan adalah strategi bauran pemasaran kualitas produk, Persepsi Harga, promosi, yang dapat menjadi aspek-aspek dalam keputusan pembelian konsumen. Komponen strategi tersebut harus dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan dalam upaya mencapai sasarannya. Dalam pelaksanaan bauran pemasaran, kopi de karanganjar koffieplantage harus memperhatikan dan mengevaluasi pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk mempertahankan pangsa pasar yang sudah besar maupun menaikkan pangsa pasar seiring munculnya pesaing - pesaing baru.
Berdasarkan teori kualitas produk, Persepsi Harga, promosi dan pelayanan sangat penting sebagai pemuas kebutuhan konsumen, keungulan produk, manfaat serta menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen, sedangkan pada kenyataannya Kopi De Karanganjar Koffiplantage kurang menerapkan dan kurang memperhatikan produk, Persepsi Harga, promosi dan pelayanan. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan pengkajian lebih dalam mengenai “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Di PT Harta Mulia”.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk Mengetahui kualitas produk, Persepsi Harga, promosi dan pelayanan kopi di PT. Harta Mulia. 2.) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, Persepsi Harga, promosi dan pelayanan terhadap Keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai desember 2023 di PT. Harta Mulia dengan alasan yaitu kopi de karanganjar koffiplantage merupakan perkebunan kopi yang sangat tua di kabupaten blitar dan masih beroprasi hingga saat ini. Tehnik Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 100 responden, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi logistik dengan panduan alat SPSS 23.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini pengaruh kualitas produk, Persepsi Harga, promosi dan pelayanan terhadap Keputusan pembelian konsumen kopi di PT. Harta Mulia menunjukan bahwa variable kualitas produk (X1), persepsi harga (X2) dan pelayanan (X4) berperngaruh secara nyata terhadap Keputusan pembelian konsumen kopi di PT. Harta Mulia.
Saran yang dapat peneliti berikan kepada PT. Harta Mulia dari segi kualitas produk PT Harta Mulai diharapkan untuk menjaga kualitas produknya dari segi Kinerja, Keandalan, Fitur, Daya tahan dan Kesesuaian. Dari segi persepsi harga kopi De karanganjar harus mempertahankan harga jual yang terjangkau Kesesuaian harga dengan kualitas, Kesesuaian harga dengan manfaat, Harga sesuai dengan daya saing produk lain. Dari segi pelayanan PT. Harta Mulia diharapkan untuk menjaga kepercayaan konsumen dan reputasi perusahaan dengan selalu memberikan pelayanan yang baik.
Kata Kunci : Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Pelayanan, Keputusan Pembelian, Konsumen Kopi, PT Harta Mulia