Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Windows Shopping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri pada Materi Jumlah dan Selisih Sudut Trigonometri Kelas XI MAN Kota Batu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah matematika dan kurang adanya kepercayaan diri siswa atas kemampuannya. Hal ini dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang dirasa efektif dan banyak melibatkan siswa pada saat proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri adalah Problem Based Learning dengan metode Windows Shopping.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Windows Shopping terhadap kemampuan berpikir kritis kelas XI MAN Kota Batu pada materi jumlah dan selisih sudut trigonometri. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Windows Shopping terhadap kepercayaan diri kelas XI MAN Kota Batu pada materi jumlah dan selisih sudut trigonometri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN Kota Batu.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Windows Shopping terhadap kemampuan berpikir kritis kelas XI MAN KOTA BATU pada materi jumlah dan selisih sudut trigonometri. Hal ini ditunjukkan dari nilai (mean ± SD) kemampuan berpikir kritis pada posttest kelas kontrol adalah (78,13 ± 6,90) dan posttest kelas eksperimen adalah (82,03 ± 8,10) dengan p-value (0,043). (2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Windows Shopping terhadap kepercayaan diri kelas XI MAN KOTA BATU pada materi jumlah dan selisih sudut trigonometri. Hal ini ditunjukkan dari nilai (mean ± SD) kepercayaan diri pada posttest kelas kontrol adalah (27,24 ± 3,64) dan posttest kelas eksperimen (29,12 ± 2,82) dengan p-value (0,024).
Kata Kunci : Problem Based Learning, Windows Shopping, Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri