Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan dan Kepribadian Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Kabupaten Blitar)
Abstract
penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen literasi keuangan, sikap keuangan, perilaku keuangan, dan kepribadian berpengaruuh terhadap variabel dependen kinerja UMKM diwilayah Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan metode pendekatana deskriptif. jummlah responden sebanyak 103 orang. dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda menghasilkan bahwa literasi keuanagan, sikap keuangan, perilaku keuangan, dan kepribadian secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t), dapat disimpulkan bahwa variabel literasi keuangan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebaliknya, variabel sikap keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM. Variabel perilaku keuangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Sementara itu, variabel kepribadian memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM.
kata kunci : Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan, Kepribadian, Kinerja Usaha, Pengelolaan Keuangan, Kinerja UMKM.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Pelaku Usaha UMKM Fashion di Kabupaten Malang
Dayanti, Fanisa Kris (Universitas Islam Malang, 2020-08-07)Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Literasi Keuangan, pengetahuan keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku manajemen Keuangan pada pelaku usaha UMKM fashion di Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan ... -
Pengaruh Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Efikasi Diri Keuangan Terhadap Prilaku Manajemen Keuangan Melalui Pengendalian Diri Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelaku UMKM Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion di Kota Malang pada tahun 2021)
Ummah, Siti Maghfirotul (Universitas Islam Malang, 2022-02-23)Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang paling terpukul akibat pandemi COVID-19 yaitu UMKM. Beberapa faktor yang membatasi UMKM di Indonesia. Salah satunya, orang harus cermat dalam menggunakan pendapatan yang ... -
Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Islam Malang Angkatan Tahun 2019
Alfitra, Muhammad Syahrevi (Universitas Islam Malang, 2023-03-14)Di dunia ini uang selalu berhubungan dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam penggunaan uang terdapat perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga ada yang bijak menggunakan ...