Abstract:
Manusia lahir diibaratkan seperti kertas yang bersih dan putih masih belum
ada coretannya artinya dilahirkan dalam keadaan fitrah sehingga orang tuanya yang
mendidik anaknya menjadi Yahudi atau Nasrani. Oleh karena itu orang tua yang
memberi coretan pada anak berupa pendidikan. Dalam pendidikan ada salah satu
hal yang dicapai yaitu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik. Manusia
tidak bisa pisah dari pendidikan karena pendidikan suatu bimbingan, pencerahan,
dan kebutuhan. Agar pembelajaran agama Islam berhasil dan sukses sampai di
akhirat, ada unsurnya yaitu memiliki akhlak yang mulia yang dapat diterapkan di
kepribadiannya. Salah satu kegiatan sekolah dalam membentuk akhlak peserta
didik adalah melalui kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan akan menjadi
sangat urgen karena dengan membiasakan kepada peserta didik mempengaruhi
segala tindakannya dalam berbuat dan bersikap.
Berdasarkan latar belakang penelitian, maka peneliti merumuskan masalah
yaitu tentang akhlak peserta didik di SMP Ahmad Yani Batu, bentuk-bentuk
kegiatan pembentukan akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP
Ahmad Yani Batu, upaya pembentukan akhlak peserta didik melalui kegiatan
keagamaan di SMP Ahmad Yani Batu, faktor pendukung dan penghambat dalam
pembentukan akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Ahmad
Yani Batu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang akhlak peserta didik
di SMP Ahmad Yani Batu, mengetahui bentuk-bentuk kegiatan pembentukan
akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP Ahmad Yani Batu,
mengetahui upaya pembentukan akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan
di SMP Ahmad Yani Batu, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam pembentukan akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMP
Ahmad Yani Batu.
Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ahmad
Yani Batu. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji
comfirmability.