View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Profil Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, dan Pedagogical Content Knowledge Guru Pendidikan Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 09 Indonesia, Taski Al-Ma’arif Malaysia dan Anubaan Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand

Thumbnail
View/Open
Publish (1.706Mb)
Fulltext (3.702Mb)
Date
2024-06-24
Author
Rizqiyyah, Reza Zaidatur
Metadata
Show full item record
Abstract
Evolusi proses pembelajaran seiring perkembangan zaman menekankan peran guru dalam pengetahuan pedagogik, konten, dan integrasi keduanya (PCK). Perbedaan latar belakang budaya, sosial, dan pendidikan antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand tercermin dalam tujuan pendidikan masing-masing negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pedagogical knowledge, content knowledge, dan pedagogical content knowledge guru pendidikan anak usia dini di RA Muslimat NU 09 Indonesia, Taski Al-Ma’arif Malaysia, dan Anubaan Singhanakhon Wittaya Nusorn School Thailand. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deksriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner dan observasi langsung kedalam lembaga terkait. Data yang diperoleh kemudian dianalisis mengunakan deksriptif kuantitatif, analisis distribusi frekuensi kemudian data di validasi dengan hasil observasi untuk memperoleh data yang lebih valid dan dapat dipercaya. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan dalam profil pedagogical knowledge, content knowledge, dan pedagogical content knowledge guru pendidikan anak usia dini di ketiga lembaga. Guru di RA Muslimat NU 09 menunjukkan kemampuan tertinggi (79,6%), dengan perencanaan pembelajaran yang sistematis, penggunaan strategi diferensiasi, penguasaan konsep dasar tema pembelajaran dan guru dapat mengembangkan sumber belajar kontekstual. Hal tersebut terjadi karena didukung latar belakang pendidikan yang relevan dan keikutsertaan dalam program peningkatan mutu pendidikan. Guru di Taski Al-Ma’arif menunjukkan kemampuan terendah (74,1%) karena adanya faktor penghambat seperti kurangnya relevansi latar belakang pendidikan guru dan lamanya waktu bekerja. Guru di Anubaan Singhanakhon Wittaya Nusorn School menunjukkan kemampuan sebesar 78%, dengan didukung latar belakang pendidikan yang relevan dan pemahaman guru terhadap konsep dasar pembelajaran, adanya faktor penghambat seperti ketidak terikatnya guru dengan organisasi keguruan membuat guru jarang mengikuti workshop dan lamanya waktu bekerja menjadikan guru tidak dapat memaksimalkan kemampuannya. Kata Kunci: Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, Kompetensi Guru
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9990
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • Pengaruh Financial Knowledge, Hedonism Lifestyle dan Self Control Terhadap Financial Knowledge (Studi Pada Generasi Z Di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur) 

    Nur, Afika Fitriani (Universitas Islam Malang, 2024-02-12)
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh antara financial knowledge, hedonism lifestyle dan self control terhadap financial behavior. Penelitian ini menggunakan studi pada generasi Z di ...
  • Pengaruh Pendapatan, Financial Knowledge dan Financial Attitude Terhadap Financial Management Behavior Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Pelaku Umkm Ekonomi Kreatif Sub Sektor Fashion Di Kota Malang Tahun 2020) 

    Khasanah, Siti Uswatun (Universitas Islam Malang, 2021-02-13)
    Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis financial management behavior dimasa pandemi covid 19 pada pelaku UMKM ekonomi kreatif sub sektor fashion di Kota Malang tahun 2020. Adapun ...
  • Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi pada Customer Marketplace Shopee di Malang) 

    Rakhma, Amalia Fadhila (Universitas Islam Malang, 2021-02-27)
    Perkembangan perilaku belanja online saat ini membuat marketplace Shopee sangat marak digunakan para konsumen. Sehingga dalam proses pembelian tersebut perlu memperhatikan faktor-faktor seperti product knowledge, ...

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group