Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi pada Customer Marketplace Shopee di Malang)
Abstract
Perkembangan perilaku belanja online saat ini membuat marketplace
Shopee sangat marak digunakan para konsumen. Sehingga dalam proses pembelian
tersebut perlu memperhatikan faktor-faktor seperti product knowledge, brand
image, dan online customer review agar dapat membeli produk yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh product
knowledge, brand image, dan online customer review terhadap keputusan
pembelian di marketplace Shopee (Studi pada customer Shopee di Malang).
Populasi penelitian ini customer Shopee di Malang dengan sampel 80 responden.
Teknik pengambilan menggunkan simple random sampling. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan data primer dengan Google Form. Kemudian dilakukan
uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu sebelum dilakukan analisis data.
Hasil penelitian uji F menyatakan bahwa product knowledge, brand image, dan
online customer review berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap
keputusan pembelian. Serta dalam uji t menyatakan bahwa product knowledge,
brand image, dan online customer review masing-masing berpengaruh positif
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.