View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Interkorelasi Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Magang di Balai Bahasa Jawa Timur pada Hasil Skor Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.754Mb)
Fulltext (2.369Mb)
Date
2024-06-26
Author
Marsela, Anisa
Metadata
Show full item record
Abstract
Bahasa Indonesia dianggap penting untuk dikuasai oleh semua individu di berbagai pekerjaan karena merupakan bahasa resmi yang menjadi kompetensi dasar. Empat aspek utama keterampilan berbahasa adalah mendengarkan atau menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Mendengarkan dan berbicara adalah keterampilan lisan, membaca dan menulis adalah keterampilan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis interkorelasi antara keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis pada hasil skor uji kemampuan berbahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta magang di Balai Bahasa Jawa Timur yang berjumlah 40 dengan teknik penyampelan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rekapitulasi kompetensi kemahiran berbahasa Indonesia berada pada rata-rata 561 dengan predikat madya dengan rentang skor 482 – 577. Hal ini menunjukkan bahwa keempat keterampilan berbahasa Indonesia, yaitu menyimak, membaca, berbicara, dan menulis pada mahasiswa magang memiliki kemahiran yang memadai dalam berkomunikasi dengan baik dan benar serta memahami informasi faktual. Hasil analisis interkorelasi pada keempat keterampilan berbahasa tersebut memiliki tingkat atau hubungan yang rendah dengan nilai korelasi 0,20 – 0,399. Rendahnya aspek keempat keterampilan tersebut mencerminkan kesulitan dalam menyampaikan informasi secara lisan, berinteraksi, atau memahami pertanyaan. Kata Kunci: interkorelasi, keterampilan berbahasa, UKBI
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10336
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group