View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Instrumen Penilaian Diri untuk Mengukur Sikap Sosial Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Semester Ganjil MA Subulas Salam Menggunakan Media One Drive

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka (1.700Mb)
Date
2020-08-06
Author
Faizin, Mohammad Wildan
Metadata
Show full item record
Abstract
Penilaian dalam sistem pendidikan berfungsi sebagai cara untuk mengetahui proses belajar peserta didik, yang harus dilakukan secara menyeluruh, berkala dan berkesinambungan. Hasil observasi di MA Subulas Salam pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X semester ganjil menunjukkan proses penilaian sikap sosial oleh guru hanya dilakukan secara observasi semata. Selain itu guru juga tidak pernah menyisipkan wawasan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu diperlukan suatu instrumen penilaian yang tepat, berkualitas, mudah digunakan dan berwawasan teknologi. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangan instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap sosial peserta didik kelas X semester ganjil MA Subulas Salam menggunakan media One Drive, peneliti menggunakan media One Drive dikarenakan agar peserta didik dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Selain itu dengan media One Drive peserta didik dapat menghemat penggunaan kertas serta dapat diisi dimana saja dengan menggunakan gawai atau laptop selagi terhubung dengan jaringan internet. Peneliti ingin mengemas suatu penilaian yang lebih simpel serta memudahkan peserta didik dan dewan guru. Instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap sosial peserta didik ini terdiri dari 70 butir pernyataan, yang terkadung di dalam 7 kompetensi dasar (KD), 13 indikator, pada KI 3 dan KI 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Sikap yang di ukur adalah jujur, percaya diri, disiplin, tanggung jawab, toleransi, santun, serta gotong royong. Dengan memakai skala Likers yang terdiri dari 5 pilihan jawaban yaitu, skor 1 apabila perserta didik tidak pernah melakukan, skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang melakukan, skor 3 jika peserta didik cukup sering melakukan, 4 apabila peserta sering melakukan dan skor 5 jika peserta didik selalu melakukan. Jenis penelitian dan pengembangan yang peneliti buat mengacu pada model Sugiono dengan membatasi hanya memakai sembilan langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) analisis data. Dalam mengembangan instrumen agar lebih berkualitas, maka peneliti melakukan uji validitas dan uji realibilitas. Data yang diperoleh dari uji validitas tersebut adalah nilai r tabel sebesar 0,2638. Karena keseluruhan r hitung > dari r tabel maka dapat dinyatakan bahwa seluruh item instrumen penilaian dinyatakan valid (baik). Sedangkan dari uji realibilitas yang dilakukan oleh peneliti didapatkan data r tabel sebesar 0,238. Maka 0,756 > dari 0,238. Jadi dapat disimpulkan bahwa angket penilaian diri untuk mengukur sikap sosial peserta didik dinyatakan reliabel atau terpercaya sebagai alat pengumpul data dalam penelitian. Dari hasil uji coba produk diketahui bahwa dari 40 responden, sebesar 60% memiliki sikap sosial yang tinggi, berarti bahwa peserta didik memiliki sikap sosial yang sangat baik, yang memiliki total skor jawaban responden antara X ˂ 168. Sedangkan sebesar 40% dari 40 responden memiliki sikap sosial yang sedang yang memiliki total skor jawaban responden antara 168 ≤ 252. Sehingga dapat disimpulkan hasil dari pengembangan penilaian diri untuk mengukur sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas X MA Subulas Salam semester ganjil menggunakan media One Drive dikategorikan baik dan layak digunakan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1059
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group