View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Mulyorejo Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka (2.237Mb)
Date
2020-07-02
Author
Zulaikha, Siti
Metadata
Show full item record
Abstract
Sekolah sebagai lembaga formal dalam memberikan pembelajaran agama Islam semestinya harus memiliki inovasi dalam pengembangan kurikulum pembelajaran yang mempertimbangkan segala aspek yang mungkin mempengaruhi kepribadian peserta didik. Penelitian ini didasarkan pada peran kepala sekolah dalam mengembangkan kepribadian peserta didik melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Mulyorejo Kota Malang, dalam observasi peneliti menjumpai banyak kegiatan keagamaan yang diterapkan seperti pembiasaan salim dengan benar, sholat dhuha, mengaji Al-Qur’an dengan metode ummi.vHal tersebut tentunya untuk membentuk peserta didik yangvberkarakter dan menjadi manusia yang mempunyai iman dan taqwa yang kuat, berakhlaqul karimah. Dari konteks penelitian diatas, maka peneliti merumuskan fokus yakni pembiasaan kegiatan keagamaan, kepribadian peserta didik melalui kegiatan keagamaan dan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kepribadian peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Mulyorejo Kota Malang Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembiasaan kegiatan keagamaan, kepribadian peserta didik melalui kegiatan keagamaan dan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kepribadian peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Mulyorejo Kota Malang, kegiatan keagamaan yang diterapkan seperti pembiasaan salim dengan benar, sholat dhuha, mengaji alqur’an dengan metode ummi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara struktur dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui proses pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, uji keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat Dari hasil temuan didapatkan Kegiatan keagamaan seperti pembiasaan salim dengan benar, pelaksanaan sholat dhuha dan sholat dzuhur secara berjamaah, mengaji dengan metode ummi dengan bertujuan untuk membentuk kepribadian peserta didik yang bermoral, bermartabat, mempunyai akhlak yang baik terlaksana dengan baik. dari pembiasaan salim dengan benar yaitu terlihat dari bagaimana ketika bertemu dengan guru atau orang yang lebih tua peserta didik memberi senyum serta mencium tangan. Yang kedua pembiasaan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah yaitu terlihat dari bagaimana peserta didik memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan ibadah. Dan yang ketiga mengaji dengan metode ummi yaitu terlihat dari bagaimana peserta didik lebih aktif dan bacaannya sesuai tawjid serta ketika di rumah di pantau orang tua dan buku pantauan. Peran yang telah dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengembangkan kepribadian peserta didik melalui kegiatan keagamaan yaitu dengan memberi keteladanan, memberi motivasi, memberi fasilitas, memberi reward dan melakukan pengawasan. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang pembiasaan kegiatan keagamaan sudah terlaksana dengan baik akan tetapi pihak sekolah dapat meningkatkan lagi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan kepribadian peserta didik melalui penanaman nilai-nilai Islami yang lainnya. Diharapkan kepala sekolah juga dapat mempertahankan dan meningkatkan perannya dalam mengembangkan kepribadian peserta didik agar dapat berjalan dengan baik lagi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1099
Collections
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group