Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang Dan Universitas Muhammadiyah Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif yang memusatkan pada pengujian hipotesis, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2016 di Universitas Islam Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang, dengan jumlah sampel 87 responden, sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan program stastical package for social sciences (SPSS) for windows versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikan 0,037<0,05, kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,852<0,05, perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,046>0,05. Secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi (0,000<0,05). Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, dan pemahaman akuntansi