Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis RME dan Bermuatan PPK pada Materi Jajargenjang Kelas VII

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriyyah, Aslihatul
dc.date.accessioned 2022-07-05T03:52:10Z
dc.date.available 2022-07-05T03:52:10Z
dc.date.issued 2021-12-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4098
dc.description.abstract E-modul merupakan media pembelajaran menggunakan bantuan teknologi dan bersifat self-instructional yang hanya memuat satu materi pembelajaran dan lebih mengutamakan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan, dan hasil uji coba e-modul matematika berbasis RME yang bermuatan PPK pada materi Jajargenjang kelas VII SMP. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap dua guru matematika dan 105 peserta didik kelas VII Mts Miftahul Ulum menyatakan bahwa 100% guru setuju dengan adanya e-modul matematika berbasis RME dan bermuatan PPK pada materi Jajargenjang kelas VII untuk digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika dan 84,3% peserta didik memerlukan e-modul matematika berbasis RME dan bermuatan PPK pada materi Jajargenjang kelas VII untuk digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, maka dirancanglah e-modul matematika berbasis RME dan bermuatan PPK pada materi Jajargenjang kelas VII. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dkk. (1974:6). Model 4D terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap develop (pengembangan), dan (4) tahap disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini melibatkan beberapa validator yang terdiri dari: satu ahli materi, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, dua validator praktisi, dan sepuluh peserta didik kelas VII sebagai pengguna/user. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Proses pengembangan e-modul dilakukan dengan menggunakan model 4D. Pada tahap define, dilakukan penyebaran angket analisis kebutuhan guru kepada dua guru matematika dan analisis kebutuhan peserta didik kepada 105 peserta didik kelas VII Mts Miftahul Ulum. Pada tahap design, dilakukan perancangan pembuatan e-modul meliputi: (1) pembuatan tes, (2) pembuatan format pembelajaran, dan (3) perancangan fisik e-modul. Pada tahap develop, dilakukan penilaian produk oleh validator ahli dan praktisi. Dua jenis data yang terdapat pada penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian skor angket validasi produk dan data kualitatif yang diperoleh dari komentar serta saran pada angket validasi produk. Tahap disseminate tidak dapat dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu serta biaya pada penelitian dan pengembangan ini. Hasil pengembangan produk bahan ajar berbentuk elektonik berupa e-modul matematika yang didesain dalam bentuk flipbook dan bisa diakses melalui link yang telah tersedia. Dengan demikian, peserta didik dapat mengakses dengan mudah saat pembelajaran daring di rumah. E-modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang didesain pada e-modul tercantum dalam bentuk apersepsi, contoh soal, dan latihan soal. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada e-modul ini adalah nilai nasionalis dan nilai gotong-royong. Nilai-nilai tersebut terdapat muncul pada contoh soal, latihan soal, dan tes evaluasi. Materi yang termuat dalam e-modul yaitu materi Jajargenjang yang merupakan materi wajib kelas VII SMP/MTs sederajat yang ditempuh saat semester Genap dan mengacu pada Kurikulum 2013 sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) 3.11 dan 4.11. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan produk e-modul matematika berbasis RME yang bermuatan PPK pada materi Jajargenjang kelas VII SMP diperoleh rata-rata hasil data analisis validator ahli dan praktisi sebesar 3,50%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk dinyatakan valid dan layak untuk uji coba. Sedangkan hasil uji coba produk yang dilakukan pada 10 peserta didik kelas VII Mts Miftahul Ulum diperoleh rata-rata sebesar 3,23%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk valid dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, RME, PPK en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Matematika en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject E-modul en_US
dc.subject RME en_US
dc.subject PPK en_US
dc.title Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis RME dan Bermuatan PPK pada Materi Jajargenjang Kelas VII en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account