Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.
UT - Mathematic Education
Recent Submissions
-
Chusnia, Maulidiya Dias
(Universitas Islam Malang, 2024-02-20)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini didasari dengan adanya kelas di SMK IT Asy-Syadzili Malang yang dibedakan ...
-
Prasetiyo, M. Mahmudi
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)
Dalam pembelajaran matematika, tentunya banyak permasalahan yang dialami baik oleh pendidik maupun peserta didik. Peneliti mengamati bahwa di SMP Wahid Hasyim Kelas VII A ada beberapa kegiatan pembelajaran yang mengalami ...
-
Al-Hamid, Lailatul Husniyah
(Universitas Islam Malang, 2024-03-04)
Pemahaman konsep merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika agar dapat tercapai tujuan pembelajaran. Konsep dalam matematika saling berkaitan yang akan membantu peserta didik ...
-
Damayanti, Fitra Ayu
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matmatika SMP Islam Hidayatul Mubtadiin, guru setuju dalam pembelajaran matematika hanya menggunakan bahan ajar cetak dan tidak menyusun bahan ajar sendiri ...
-
Agustia, Ajeng Citha Rizky
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)
Dalam pendidikan pasti didalamnya ada pembelajaran, pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar. Salah satu pembelajaran disekolah ialah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika salah ...
-
Asgap, Nurhayati
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)
Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas IX MTs Ma’arif NU Kota Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemahaman peserta didik terhadap ...
-
Masnan, Haniyah
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tepatnya pada tingkat dasar dan menengah menjadi permasalahan besar bagi pendidikan saat ini. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMP Negeri 3 Karangan, menunjukkan bahwa ...
-
Faizah, Nur
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)
Salah satu dari standar kemampuan dasar matematika yang ditetapkan NCTM yaitu kemampuan koneksi matematis. Masih terdapat sekitar 50% peserta didik kelas XI PHT 2 SMKN 2 Malang mengalami kesulitan dalam mengkoneksikan ...
-
Sari, Nor Indah
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)
Keberhasilnya pembelajaran di kelas adalah perencanaan perangkat pembelajaran yang matang yang dibuat oleh guru sebelum proses pembelajaran dimulai, selain itu perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan harus sesuai ...
-
Khoiriyah, Ismii Wahibatul
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan hasil uji coba produk. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahap ...
-
Aulia, Rizka
(Universitas Islam Malang, 2024-02-26)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII masih rendah. ...
-
Sari, Iranty Gita Triska
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru ...
-
Huda, Abdullah
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap penelitian yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah ...
-
Vidiyanti, Shelvy Eka
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas VIII di SMP Islam Pakis yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika, terutama dalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut disebabkan oleh kurang ...
-
Hermawati, Fitriah Eka
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya secara lisan atau tertulis tentang apa yang mereka kerjakan pada matematika. Kemampuan komunikasi matematis menjadi ...
-
Ati, Lela Chayaning
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Nasruddin Dampit. Hal ...
-
Angraini, Hersa
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi matematis dan kemampuan komunikasi ...
-
Indiantoro, Mukhammad Berlian
(Universitas Islam Malang, 2023-07-24)
Berdasarkan observasi yang peneliti dilakukan di kelas VIII B SMP KH. A. Thohir Tumpang, dan guru matematika menyatakan bahwa proses pembelajaran matematika masih banyak berfokus pada aktivitas guru. Hal itu dapat diamati ...
-
Chasanah, Arini Nur
(Universitas Islam Malang, 2023-08-12)
Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas VII-D SMPN 13 Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa. Salah satu faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah guru belum ...
-
Arsha, Novia Dewi
(Universitas Islam Malang, 2023-08-24)
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa sehingga, kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan dari proses pembelajaran matematika di sekolah. Pada ...
View more